320 ekor sapi dari Lampung dikirim ke Kepri

id Pengiriman sapi

320 ekor sapi dari Lampung dikirim ke Kepri

Komisi II DPRD Kepri dan instansi terkait meninjau peternakan sapi di Lampung, Selasa (14/6). (ANTARA/HO-Komisi II DPRD Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 320 ekor sapi dari Provinsi Lampung dikirim perdana ke Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menggunakan transportasi laut, Kapal Murni 2k, untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha 2022.

"Siang ini tiba di pelabuhan Beton Sekupang, Batam," kata Ketua Komisi II DPRD Kepri Wahyudin, Senin.

Wahyudin mengatakan setibanya di pelabuhan Beton Sekupang, hewan tersebut akan dikarantina selama beberapa hari di Kuala Dangas, setelahnya baru didistribusikan ke pedagang/peternak sapi di Batam.

Ia juga memastikan ternak sapi ini bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), karena sudah melalui prosedur pemeriksaan kesehatan ketat oleh pihak-pihak berwenang di Lampung maupun Kepri.

"Kami (Komisi II) bersama instansi terkait dari Kepri turun langsung ke Lampung, guna memastikan bahwa sapi-sapi itu bebas wabah PMK," ujar Wahyudin.

Ia menegaskan kebutuhan hewan kurban sapi di Kepri saat ini sudah tercukupi. Khusus di Batam, kebutuhan mencapai 3.000 ekor.

"Lusa (Rabu), masuk lagi sekitar 500 ekor sapi dari Lampung," ucapnya.

Setelah selesai dengan pengiriman sapi, nantinya akan dilanjutkan dengan pengiriman ternak kambing dari Lampung.

Wahyudin mengatakan pasokan sapi dan kambing itu dikirim dari daerah Lampung Tengah, yang diklaim bebas PMK, sehingga diizinkan untuk mengirimkan hewan kurban ke Kepri.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE