Dokter: Penyakit pelemahan wajah diawali gejala nyeri telinga

id Tangerang,Penyakit lemah otot wajah,gangguan telinga

Dokter: Penyakit pelemahan wajah diawali gejala nyeri telinga

Dokter Spesialis Penyakit Syaraf RS Sari Asih Ciputat Kota Tangerang Selatan, dr. Nurul Fadli

Ramsay hunt syndrome' diakibatkan oleh infeksi virus. Biasanya muncul kemerahan atau ruam pada wajah diikuti oleh adanya kelumpuhan otot wajah yang dapat menetap, gejala umumnya lebih berat dibandingkan Bell’s palsy dan risiko munculnya komplikasiya
Tangerang (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit syaraf RS Sari Asih Ciputat, Kota Tangerang Selatan, dr. Nurul Fadli mengatakan "ramsay hunt syndrome" merupakan penyakit kelemahan pada wajah, yang diawali dengan gejala nyeri pada telinga. 

Studi kasus itu ditemukan penyanyi Justin Bieber, yang mengalami penyakit kelemahan otot wajah karena infeksi virus dengan awal gejala nyeri telinga.

"'Ramsay hunt syndrome' diakibatkan oleh infeksi virus. Biasanya muncul kemerahan atau ruam pada wajah diikuti oleh adanya kelumpuhan otot wajah yang dapat menetap, gejala umumnya lebih berat dibandingkan Bell’s palsy dan risiko munculnya komplikasiya lebih tinggi,” kata dr. Nurul Fadli, SpN di Tangerang, Banten, Jumat.

Pada pasien selain keluhan nyeri, ruam dan kelemahan wajah, gejala lain seperti telinga berdengung, vertigo, gangguan pendengaran, suara serak dan gangguan menelan juga dapat terjadi meskipun lebih jarang.
Penyakit yang disebabkan virus ini mudah menyerang orang dengan daya tahan tubuh yang lemah.

Upaya medis yang dapat dilakukan yakni hilangkan nyeri, mencegah komplikasi seperti kelemahan wajah permanen dan nyeri yang menetap. Terapi yang diberikan antara lain berupa pemberian antivirus dan obat yang menekan peradangan.
 
Pewarta :
Editor: Nikolas Panama
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE