Warga manfaatkan pelatihan mengemudi pembuatan SIM saat CFD

id Hari tanpa kendaraan bermotor,Car free day,Pelatihan pembuatan SIM,Ditlantas Polda Kepri,Kepri

Warga manfaatkan pelatihan mengemudi pembuatan SIM saat CFD

Salah seorang warga mencoba pelatihan keterampilan mengemudi sepeda motor di Alun-Alun Engku Putri, Batam. Minggu (3/7/2022). (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Puluhan warga memanfaatkan pelatihan keterampilan mengemudi sepeda motor untuk proses pembuatan Surat Izin Mengemudi saat Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor diadakan Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri di Alun-Alun Engku Putri, Batam, Minggu.

Dalam pelatihan keterampilan mengemudi kendaraan roda dua ini, Dirlantas Polda Kepri menyediakan replika jalur sepeda motor yang biasa digunakan warga untuk tes mengemudi dalam proses pembuatan SIM di polresta setempat.

Dirlantas Polda Kepri Kombes Tri Yulianto mengatakan pelatihan tersebut untuk memudahkan masyarakat yang hendak membuat SIM.

“Apabila masyarakat ada niat untuk membuat SIM, terutama roda dua, dia bisa berlatih dan akan dipandu oleh petugas yang sudah kami siapkan,” ujarnya saat menghadiri CFD di Alun-Alun Engku Putri, Batam, Kepulauan Riau, Minggu.

Pada kegiatan itu, pihaknya juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan-aturan lalu lintas.

“Agar masyarakat lebih tertib dan patuh lagi terhadap aturan-aturan lalu lintas yang ada, baik itu rambu-rambu yang terpasang, sehingga kecelakaan bisa dicegah ataupun dihindari,” ucapnya.

Pelatihan itu disambut baik oleh masyarakat, terutama kalangan muda mudi yang belum memiliki SIM dan akan membuat SIM.

“Ini bagus sekali karena kita tahu kalau mau buat SIM itu sulit, makanya waktu ada pelatihan ini saya tertarik ingin mencoba dan ternyata memang sulit,” kata salah satu warga setempat, Angga (20), yang ikut pelatihan tersebut.

Dia berharap, pelatihan seperti ini bisa diadakan setiap minggu agar memudahkan masyarakat dalam tes pembuatan SIM.

“Kalau sering-sering latihan seperti ini siapa tahu nanti jadi terbiasa dan waktu ujiannya udah tidak gagal-gagal terus,” ucapnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE