Pemprov-ANTARA Jatim masukkan kurikulum jurnalistik bagi ASN

id BPSDM, ANTARA Jatim, ANTARA Biro Jatim, Pemprov Jatim, Jatim

Pemprov-ANTARA Jatim masukkan kurikulum jurnalistik bagi ASN

Kepala LKBN Antara Biro Jawa Timur Rachmat Hidayat (kanan) bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai (kiri) memperlihatkan nota kesepahaman saat penandatangan kerja sama di gedung BPSDM Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/8/2022). Kerja sama antara LKBN Antara Biro Jawa Timur dengan BPSDM Provinsi Jawa Timur tersebut terkait pengembangan kompetensi sumber daya manusia di Jawa Timur melalui penerapan kurikulum jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). ANTARA/Moch Asim

Surabaya (ANTARA) - LKBN ANTARA Biro Jatim bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemerintah Provinsi Jatim sepakat memasukkan materi jurnalistik sebagai bagian dari kurikulum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sedang menempuh pendidikan kepemimpinan di wilayah setempat.

Kesepakatan pemberian kurikulum jurnalistik, dituangkan dalam penandatanganan kerja sama antara Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Jatim Rachmat Hidayat dan Kepala BPSDM Pemprov Jatim Aries Agung Paewai di Surabaya, Kamis malam.

"Kerja sama ini merupakan hal baru dan inovasi bagi BPSDM Jatim, serta merupakan yang kali pertama dilakukan di Indonesia, sehingga diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru bagi ASN," ucap Aries.

Ia mengatakan, keilmuan jurnalistik memiliki cabang yang luas, dan dengan masuknya kurikulum jurnalistik dalam mata pelajaran BPSDM diharapkan bisa membuka pola pikir bagi ASN terhadap keilmuan tersebut.

Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Jatim, Rachmat Hidayat mengatakan, ANTARA yang memiliki jaringan luas di berbagai daerah serta mancanegara, siap membantu BPSDM Jatim dalam mengajarkan keilmuan jurnalistik di jajaran ASN.

"Keilmuan jurnalistik bukan hanya terkait tulis-menulis, melainkan bagaimana menyusun data dan membuat opini yang mendukung visi dan misi pemerintahan daerah," kata Rachmat yang juga mantan Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang menyaksikan penandatanganan kerja sama kedua pihak menilai, inovasi harus terus dilakukan oleh jajarannya, dan tidak hanya dengan instansi vertikal, melainkan horizontal.

Ia mengakui, saat ini hampir sebagian masyarakat tidak mengenali media mainstream, seperti LKBN ANTARA, dan hanya mengenal media sosial, dan pola-pola berbasis media sosial ini harus diwaspadai di zaman perubahan saat ini.

"ASN harus terbuka cara pandangnya dan tidak boleh menutup cara pandangnya terhadap inovasi, karena perubahan zaman sangat cepat," tutur Khofifah.

Kantor Berita ANTARA didirikan oleh Adam Malik, Soemanang, A.M. Sipahoetar dan Pandoe Kartawigoena ketika semangat perjuangan kemerdekaan nasional menggelora dan digerakkan oleh para pemuda pejuang. Inilah para Pendiri ANTARA.

ANTARA resmi menjadi Lembaga Kantor Berita Nasional yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. 

Selama lebih dari tiga perempat abad, ANTARA sebagai salah satu kantor berita bertekad untuk selalu menghadirkan berita dan foto mengenai peristiwa-peristiwa penting dan mutakhir secara cepat dan lengkap ke seluruh dunia, baik melalui saluran distribusi sendiri maupun yang bekerjasama dengan para mitra di seluruh dunia.

Melalui Peraturan Pemerintah Nomor : 40 Tahun 2007, akhirnya ANTARA resmi bergabung menjadi keluarga besar Kementerian BUMN dan berubah menjadi Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA.

Didukung teknologi informasi terkini, ANTARA memiliki jaringan komunikasi yang menjangkau berbagai pelosok tanah air dan dunia. ANTARA memiliki biro di setiap propinsi serta perwakilan di beberapa kotamadya/kabupaten. 

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi global, ANTARA juga menjalin kerjasama, baik secara komersial maupun non-komersial, dengan kantor-kantor berita di seluruh dunia, seperti AAP (Australia), Reuters (Inggris), AFP (Perancis), DPA (Jerman), Kyodo (Jepang), Bernama (Malaysia), Xinhua (PR China), CIC (Columbia), NAMPA (Namibia) dan lain-lainnya.

ANTARA aktif dalam berbagai organisasi regional dan international, seperti ANEX (ASEAN News Exchange), OANA (Organization of Asia Pacific News Agencies) dan NANAP (Non-Aligned News Agencies Pool).

Ratusan berita luar negeri yang berasal dari para mitra kerja dan rata-rata 750 berita hasil liputan wartawan ANTARA sendiri disebarluaskan setiap hari melalui teknologi komunikasi terkini.

Selain melayani berita dan foto, ANTARA juga menawarkan produk dan jasa lainnya seperti layanan data dan informasi pasar uang dan saham, penyebarluasan rilis pers (PRWire) dan pendidikan jurnalistik (Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA).

 

Pewarta :
Editor: Yuniati Jannatun Naim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE