Ribuan emak-emak ikut Festival Tudung Lingkup di Jambi

id Festival tudung lingkup kota Jambi, Kenduri Swarnabhumi 2022, susur sungai Batanghari, seberang kota Jambi, Pemkot Jambi

Ribuan emak-emak ikut Festival Tudung Lingkup di Jambi

Festival Tudung Lingkup diikuti oleh 1.000 lebih "emak-emak " yang mengenakan kain batik Jambi sebagai penutup kepala dan wajah, Ahad (28/8/2022). (ANTARA/HO/IST)

Jambi (ANTARA) - Lebih dari seribu "emak-emak" di Jambi mengikuti Festival Tudung Lingkup, menyambut kedatangan tim susur Sungai Batanghari yang singgah di Kota Jambi, Ahad.

"Dalam rangka Kenduri Swarnabhumi 2022, Festival Tudung Lingkup diadakan di Pelayangan ini untuk menyambut rombongan susur sungai Batanghari yang sudah berjalan mulai dari Dharmasraya dan hari ini singgah di Kota Jambi," kata Wakil Wali Kota Jambi, Maulana.

Festival Tudung Lingkup merupakan kearifan budaya lokal Seberang Kota Jambi yang hingga kini masih terjaga. Ibu-ibu  mengenakan kain batik Jambi sebagai penutup kepala dan hanya memperlihatkan mata.

Festival Tudung Lingkup dikemas menjadi  pawai dengan ciri khas tersendiri di mana, peserta pawai yang seluruhnya "emak-emak" mengenakan tutup kepala tradisional perempuan Melayu Seberang Kota Jambi.

"Kami berharap bukan saja melestarikan budaya, namun Festival Tudung Lingkup mampu menjadi penggerak ekonomi Seberang melalui UMKM pelaku perajin batik Jambi," kata dia 

Festival Tudung Lingkup, kata Maulana , menjadi salah satu budaya yang harus digelorakan secara berkelanjutan. Peran ibu-ibu di Kota Jambi juga besar, atas keberlangsungan budaya lokal ini.

 




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ribuan emak-emak ikuti Festival Tudung Lingkup di Jambi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE