Siswa Indonesia juara kompetisi Imagine Cup Junior AI for Good Challenge 2022

id Evan Felix Santoso,siswa Indonesia, microsoft

Siswa Indonesia juara kompetisi Imagine Cup Junior AI for Good Challenge 2022

Evan Felix Santoso (tengah) bersama pimpinan sekolah BINUS Simprug di Jakarta, Jumat. (ANTARA/HO- Dokumentasi Pribadi)

Teknologi ini dapat menjawab permasalahan pencemaran sampah plastik di perairan Indonesia dan global yang terus mengancam keberlangsungan hidup biota laut

Jakarta (ANTARA) - Siswa Indonesia yakni Evan Felix Santoso berhasil memenangkan kompetisi global Imagine Cup Junior AI for Good Challenge 2022 yang diselenggarakan oleh Microsoft.

Evan menyuguhkan gagasan bertajuk Sea Waste Scavengers yang mengusulkan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk mengoperasikan kapal listrik bertenaga air dan surya yang dapat melacak, menemukan, dan mengambil sampah plastik di laut sebelum kemudian mengirimkannya ke fasilitas daur ulang.

“Teknologi ini dapat menjawab permasalahan pencemaran sampah plastik di perairan Indonesia dan global yang terus mengancam keberlangsungan hidup biota laut,” kata Evan di Jakarta, Jumat.

Evan merupakan siswa kelas delapan BINUS School Simprug. Dia menambahkan inspirasi Sea Waste Scavengers datang dari MAS400 atau Mayflower Autonomous Ship 400, kapal bertenaga energi terbarukan yang sepenuhnya otomatis yang dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-400 Mayflower asli yang membawa peziarah pertama ke Amerika.

“Kapal tersebut dirancang untuk berlayar dari Inggris ke Amerika, sambil mempelajari kehidupan laut dalam perjalanan," kata Evan.

Imagine Cup Junior 2022 diikuti oleh ribuan remaja berusia 13 tahun hingga 18 tahun dari berbagai belahan dunia yang menyuguhkan gagasan baru untuk memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan dalam menjawab tantangan lingkungan dan sosial yang dihadapi dunia saat ini.

Kemenangan Evan menjadikannya satu-satunya wakil Indonesia di antara 10 pemenang kompetisi tersebut.

“Kami sebagai institusi pendidikan tidak hanya memfokuskan di bidang akademik saja, namun hal terpenting yang harus ditautkan ke para siswa-siswi kami adalah bagaimana caranya untuk memaksimalkan diri melalui potensi dan karakter yang sudah dimiliki agar dapat berguna bagi sesama serta lingkungan di sekitarnya,” kata Presiden Sekolah BINUS, Michael Wijaya Hadipoespito.


 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Siswa Indonesia menangkan kompetisi Imagine Cup Junior 2022

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE