Boy Rafli tegaskan orang Minang harus berkontribusi untuk bangsa

id Boy Rafli Amar, kepala bnpt, ikm minang, orang minang

Boy Rafli tegaskan orang Minang harus berkontribusi untuk bangsa

Ketua Umum Induk Keluarga Minangkabau (IKM) sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar. (ANTARA/HO-Humas BNPT).

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Induk Keluarga Minangkabau (IKM) sekaligus Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Boy Rafli Amar menegaskan orang Minang harus mampu berkontribusi untuk pembangunan bangsa. Hal tersebut ia sampaikan usai melantik 128 Pengurus Pusat IKM Periode 2022-2027 yang dihadiri tokoh-tokoh Minangkabau.

"Orang Minang harus mampu berkontribusi bagi bangsa, Minangkabau untuk Indonesia," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan Minangkabau kental dengan sejarah kepahlawanan Indonesia. Organisasi IKM harus mewarisi kepahlawanan para pendahulu dengan terus menggaungkan perdamaian, persatuan, dan menyatakan bahwa Minangkabau untuk Indonesia.

Jenderal bintang tiga tersebut menyatakan Minangkabau telah banyak melahirkan tokoh bersejarah di Indonesia, di antaranya Mohammad Hatta, Tuanku Imam Bonjol dan masih banyak tokoh lainnya. Semangat kepahlawanan bagi Indonesia tersebut perlu terus dijaga.

"Saya telah menegaskan bahwa orientasi IKM adalah menjadi penjuru dalam memberikan perdamaian dengan mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan di seluruh wilayah," ujar dia.

Kepala BNPT yang bergelar adat Datuak Rangkayo Basa tersebut mengemukakan tiga aspek penting yang menjadi arah kepemimpinannya. Pertama, pelestarian seni dan budaya Minangkabau. Kedua, upaya memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat lewat penguatan UKM. Terakhir, melakukan transformasi digital.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Boy Rafli: Orang Minang harus mampu berkontribusi untuk bangsa

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE