Kantor Berita Dunia Diskusikan Tantangan Baru

id kantor, berita, kongres, dunia, argentina, tantangan, fokus, produksi, antara,

Buenos Aires (ANTARA/Itar-Tass/OANA) - Tantangan dan kesempatan yang dihadapi kantor berita pada abad ke-21 menjadi fokus utama dalam Kongres ke-3 Kantor Berita Dunia, yang dimulai Selasa 19 Oktober 2010 di Buenos Aires, Argentina.

Para pemimpin kantor berita internasional tersebut akan memusatkan perhatian mereka pada penggunaan teknologi baru dan munculnya produk dan layanan informasi yang baru.

Fokus juga akan dilakukan pada wilayah yang lebih luas dari aktivitas kantor berita dalam penegasan peran mereka sebagai pemimpin media.

Ketua panitia pelaksana, Sergio Fernandez Novoa, yang juga merupakan wakil presiden kantor berita nasional Argentina, Telam, mengatakan dalam wawancara bahwa kantor berita masih memproduksi dua pertiga dari seluruh laporan berita di planet ini.

"Hal itu merupakan tugas utama bagi kantor berita, untuk membuat produk informasi lebih menarik dan memperoleh pasar baru dalam layanan informasi," kata Novoa.

Ia merujuk kepada salah satu aspek baru bagi operasi kantor berita, jika sebelumnya berita yang disebarkan oleh kantor berita lebih ditujukan untuk wartawan lain, maka kini jasa penyediaan berita memiliki kesempatan untuk menjangkau pembaca secara langsung, sebagai contohnya melalui portal internet.

Penyelenggara mengatakan bahwa kongres ini akan menghadirkan 166 pemimpin dan perwakilan dari 76 kantor berita di seluruh dunia.

Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA, M Saiful Hadi, yang juga bertindak sebagai Sekjen Organisasi Kantor Berita Asia Pasifik (OANA), dan Kepala Sekretariat OANA, Akhmad Kusaeni, turut hadir dalam kongres ini.

Kongres ini akan dibuka oleh Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner.

Setelah prosesi pembukaan, para perserta akan menuju ke kota San Carlos de Bariloche di provinsi Rio Negro, tempat acara utama dan dialog akan dilangsungkan.

Kompetisi foto internasional yang mempertandingkan empat nominasi juga akan digelar sebagai bagian dari acara kongres ini.

Foto-foto itu menggambarkan tema krisis keuangan, liburan, bencana alam, dan acara olah raga.

Pemenang dari kompetisi tersebut akan diumumkan pada akhir penyelenggaraan kongres.

Kongres Kantor Berita Dunia pertama kali terselenggara atas inisiatif kantor berita Rusia, Itar-Tass, dalam pertemuan global para CEO kantor berita pertama di Moskow.

Penyelenggaraan kongres kedua dilakukan pada 2007 di kota Estepona, Spanyol. (ANT-PPT/M016/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE