PT PLN Batam minta seluruh pekerja dukung Program K3

id Peringatan bulan K3,PLN Batam,Batam,Kepri

PT PLN Batam minta seluruh pekerja dukung Program K3

Para pekerja PLN Batam mendengar arahan Direktur Operasi PT PLN Batam Edyansyah untuk mendukung Program K3, Rabu (8/2). (ANTARA/HO-Humas PLN Batam)

Batam (ANTARA) - PT PLN Batam minta seluruh pekerja mendukung Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) guna mendukung kelancaran kegiatan operasional perusahaan itu.

“Saya mengharapkan semua pihak dapat melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K3 di unit masing-masing. Hal ini agar budaya K3 berbasis teknologi informasi benar-benar terwujud di seluruh PLN Batam," ujar Direktur Operasi PT PLN Batam Edyansyah dari keterangan yang diterima di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Menurutnya, keselamatan dan kesehatan kerja adalah kebutuhan setiap individu sehingga unit bisnis memiliki kewajiban untuk melaksanakan dan mengontrol atas pelaksanaannya.

Dia menjelaskan dalam memperingati Bulan K3 Nasional PT PLN Batam berkomitmen untuk meningkatkan budaya keselamatan kerja. Hal ini untuk mewujudkan zero accident (nihil kecelakaan) dalam setiap operasional kerja PLN Batam.

"Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk memperkuat pelaksanaan K3 secara menyeluruh dalam melakukan reformasi cara kerja aman. Komitmen ini dilakukan dalam kerangka membangun SDM unggul untuk mencapai PLN Batam Maju,” kata Edy.

Dia mengatakan untuk mewujudkan zero accident pihaknya berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan kompetensi personel pegawai, standardisasi peralatan dan melakukan sertifikasi sistem manajemen K3, Mutu dan Lingkungan untuk mendukung budaya K3.

“Dalam agenda peningkatan kualitas SDM, perlu pemahaman K3 yang komprehensif bagi SDM, guna memastikan dalam melakukan pekerjaan beresiko, dapat dilakukan secara aman, pada akhirnya dapat menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif,” kata dia.

Edyansyah juga menegaskan masalah K3 tidak hanya dibahas saat terjadi kasus kecelakaan kerja. Karena itu, dia mengingatkan pentingnya penerapan budaya K3 untuk mencegah insiden kecelakaan kerja.

“Jangan sampai kita baru peduli soal K3 ketika ada gugatan dari masyarakat ataupun keluarga korban. Ini soal nyawa dan kesehatan manusia. Keamanan adalah yang utama, karena uang bisa dicari, karir bisa dikejar, namun keselamatan dan kesehatan sama sekali tak tergantikan,” katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE