Raam Punjabi harap pelaku ekonomi kreatif manfaatkan PP24/2022

id Raam Punjabi,Konten YouTube jadi jaminan bank

Raam Punjabi harap pelaku ekonomi kreatif manfaatkan PP24/2022

CEO & Founder Multivision Plus, Raam Punjabi saat dijumpai di Multivision Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2023) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Jakarta (ANTARA) - CEO & Founder Multivision Plus, Raam Punjabi berharap pembiayaan berbasis kekayaan intelektual seperti yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 dimanfaatkan oleh seluruh pelaku ekonomi kreatif.

“Program ini akan memberikan peluang pada para kreator yang eksis di negeri kita untuk memberikan sumbangsih,” kata Raam di Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2023).

Agar informasi ini masif, Raam mengharapkan sosialisasi yang memadai kepada pelaku ekonomi kreatif.

Sebagai informasi, mulai Juli 2023 nanti, para pelaku ekonomi kreatif dapat mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan baik bank maupun non-bank, merujuk pada PP Nomor 24 Tahun 2022.

Sektor ekonomi kreatif sendiri memiliki 17 subsektor antara lain pengembang game, arsitektur, desain interior, musik, seni rupa, kriya, fesyen, desain produk, kuliner, film animasi dan video, desain komunikasi visual, fotografi, televisi dan radio, periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi.

Berdasarkan Pasal 7, diatur bahwa persyaratan pengajuan pembiayaan berbasis kekayaan intelektual setidaknya harus memiliki proposal pembiayaan, memiliki usaha ekonomi kreatif, memiliki perikatan terkait kekayaan intelektual produk ekonomi kreatif, dan memiliki surat pencatatan atau sertifikat kekayaan intelektual.

Lalu pada Pasal 9, dalam skema pembiayaan berbasis kekayaan intelektual, lembaga keuangan bank dan non-bank dapat menggunakan kekayaan intelektual sebagai objek jaminan utang.

Adapun kekayaan intelektual yang dapat dijadikan objek jaminan utang sebagaimana tertulis dalam Pasal 10 adalah kekayaan intelektual yang telah tercatat atau terdaftar di kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan kekayaan intelektual yang sudah dikelola baik secara sendiri dan/atau dialihkan haknya kepada pihak lain.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kata Raam Punjabi soal aturan konten YouTube bisa jadi jaminan bank

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE