51 duta genre cegah stunting di Bintan dikukuhkan

id Pengukuham duta genre,Duta genre stunting

51 duta genre cegah stunting di Bintan dikukuhkan

BKKBN mengukuhkan 51 pasang duta genre tingkat kelurahan se-Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) sebagai upaya mencegah stunting, Selasa (14/3/2023). (ANTARA/HO-Humas BKKBN)

Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 51 pasang duta genre tingkat kelurahan se-Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) sebagai upaya mencegah stunting dikukuhkan oleh Deputi Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Bonivasius Prasetya Ichtiarto.

Bonivasius berharap duta genre dapat menjadi figur teladan di kalangan generasi muda dan mampu menjadi contoh dan juru bicara dalam upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia, khususnya Kabupaten Bintan.

"Duta genre berperan meningkatkan pemahaman terkait kesehatan remaja, pernikahan dini, seks bebas, narkoba, dan lainnya," katanya di Bintan, Rabu (15/3/2023).

Ia menyampaikan bahwa remaja sangat rentan dipengaruhi oleh teman, sehingga perlu ada remaja yang menjadi contoh agar memiliki pengaruh yang positif bagi teman sebayanya.

Baca juga: Diapresiasi! Pegawai DLH Bintan rakit motor bekas jadi motor bertenaga listrik

Menurutnya banyak kasus yang sering muncul pada remaja yang mengakibatkan terhambatnya potensi untuk dapat menjadi SDM berkualitas, membangun keluarga berkualitas, dan melahirkan generasi berkualitas.

“Pacaran berisiko, hubungan seks sebelum menikah, hamil sebelum nikah, putus sekolah, perkawinan di usia dini serta keluarga yang dibangun tidak berdasarkan kesiapan akan berdampak negatif terhadap tubuh atau kesehatan dan masa depannya,” ujar Bonivasius.

Sementara itu, Bupati Bintan Robby Kurniawan mengatakan jumlah duta genre tingkat yang dikukuhkan sebanyak 51 pasang atau sebanyak 102 orang.

Roby mengemukakan sebagai remaja yang notabane akan menjadi orangtua dan agen perubahan, remaja memiliki peran krusial dalam mencegah stunting. Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Baca juga: Bawaslu Bintan temukan sejumlah kesalahan penelitian pemilih

Ia berharap duta genre dapat melakukan pembinaan ketahanan remaja dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar mampu melangsungkan jenjang pendidikan dan berkarir secara terencana, menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat.

Upaya itu dapat dilakukan dalam bentuk pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, dan pelayanan tentang kehidupan berkeluarga.

“Duta genre melakukan tugasnya untuk terus mengkampanyekan program bangga kencana pada generasi muda di lingkungan sekitarnya guna mencegah faktor risiko stunting,” kata Robby.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Deputi BKKBN kukuhkan duta genre cegah stunting di Bintan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE