Makanan tinggi garam hingga lemak jenuh perlu dihindari saat buka puasa

id makanan dihindari saat sahur dan buka puasa,makanan buka puasa dan sahur

Makanan tinggi garam hingga lemak jenuh perlu dihindari saat buka puasa

Ilustrasi hidangan berbahan mi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah menu yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa dan sahur adalah penganan tinggi garam dan tinggi lemak jenuh. Sebab, menu seperti itu karena dapat mengganggu puasa Ramadhan.

Dokter spesialis gizi klinik di Rumah Sakit PELNI dr Eva Kurniawati, M.Gizi, Sp.GK melalui pesan elektroniknya kepada ANTARA, Jumat (24/3/2023).mengatakan, menu seperti itu dapat membuat Anda merasa sangat haus di siang hari.

Selain itu, hidangan tinggi lemak jenuh dan lemak trans juga perlu dihindari saat sahur dan berbuka puasa, seperti makanan yang diolah dengan cara digoreng serta mengandung santan yang dipanaskan berulang kali.

"Makanan ini menyebabkan waktu transit di lambung lama, potensi menimbulkan kembung, memperparah refluks asam lambung dan jumlah kalori yang sangat besar, sehingga peningkatan risiko untuk kenaikan berat badan selama Ramadhan," jelas Eva yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia itu.

Eva mengatakan, gula sederhana dan makanan pedas pun termasuk dalam daftar hidangan yang perlu dihindari. 

Terkait minuman berkafein, menurut Eva, sebaiknya menghindari minuman ini karena memiliki efek diuretik yang meningkatkan risiko dehidrasi.

Dia menyarankan untuk menyantap makanan sehat dan bergizi selama sahur dan berbuka puasa yakni memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin untuk memberikan energi dan nutrisi yang cukup selama puasa. Nutrisi ini bisa didapatkan misalnya dari roti gandum, oatmeal, sayuran, dan buah-buahan segar.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Makanan tinggi garam hingga lemak jenuh perlu dihindari saat sahur

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE