Pemkab Bintan bidik wisman Malaysia dan Singapura jelang Idul Fitri

id Bintan,kepri,wisman,singapura,malaysia,Kepulauan Riau, wisman Bintan

Pemkab Bintan bidik wisman Malaysia dan Singapura jelang Idul Fitri

Sejumlah warga menikmati keindahan Pantai Trikora, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, membidik wisatawan mancanegara (wisman)  Malaysia dan Singapura menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan Arif Sumarsono di Tanjungpinang, Kepri, Ahad, mengatakan warga Bintan dengan masyarakat Melayu di Singapura dan Malaysia memiliki hubungan yang erat sejak dulu.

Kesamaan tradisi antara Bintan, Singapura, dan Malaysia tersebut merupakan peluang untuk menarik perhatian masyarakat Melayu yang tinggal di Singapura dan Malaysia untuk berkunjung ke Pulau Bintan.

"Tidak mengherankan bila warga Bintan mengunjungi kerabatnya ke Singapura dan Malaysia, ataupun sebaliknya. Ini sudah terjadi sejak dahulu dan sempat terhenti tahun 2020 hingga awal tahun 2022 akibat pandemi COVID-19," ujarnya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan akan menggelar berbagai kegiatan pariwisata berbasis kearifan lokal agar wisatawan dari Singapura dan Malaysia tertarik berkunjung ke Bintan.

Kegiatan tersebut seperti tradisi masyarakat Melayu di Bintan menyambut Ramadhan dan juga kenduri.

Selain itu, kata dia, promosi terhadap masakan Melayu ditingkatkan dengan melibatkan media televisi nasional.

Pantai-pantai yang indah di kawasan Trikora dan Lagoi dengan berbagai fasilitas hotel, resor, dan restoran juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara berkunjung ke Bintan.

"Kami juga mempromosikan aset budaya daerah kepada wisatawan Singapura dan Malaysia," ucapnya.

Pada Januari 2023, kata dia, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bintan mencapai 14.988 orang, turun dibanding Desember 2022 yang mencapai 31.367 orang.

Jumlah wisman yang paling banyak berkunjung ke Bintan berasal dari Singapura dan Malaysia. "Wisman yang berkunjung ke Bintan terbanyak kedua setelah Batam," kata Arif.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE