Warga Kuala Pembuang Kalteng rasakan getaran gempa Tuban

id Gempa kalteng, gempa kuala pembuang, gempa seruyan, getaran gempa, laut jawa, jawa timur, kuala pembuang, seruyan, kalte

Warga Kuala Pembuang Kalteng rasakan getaran gempa Tuban

Grafis. ANTARA/HO-BPBD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Warga yang tinggal di Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah turut merasakan gempa tektonik yang terjadi di 68 km Barat Laut Tuban, Jawa Timur dengan magnitudo 6,6 pada Jumat sore.

“Memang sebagian warga Kuala Pembuang merasakan getarannya, tapi lemah karena berdasarkan BMKG pusat gempa berada di kedalaman 600 km dan jaraknya dengan Kuala Pembuang sekitar 331,02 km,” kata Analis Kebencanaan Ahli Muda BPBD Seruyan, Arvian Yuli Artha di Kuala Pembuang, Jumat (15/4/2023).

Dia menjelaskan, walaupun jarak dan kedalaman pusat gempa cukup jauh, namun gelombang getaran itu bisa dirasakan jika gelombang getaran itu melalui media (benda). Kejadian demikian baru pertama kalinya dirasakan warga Kuala Pembuang.

Sementara itu warga Kuala Pembuang I Riski Nurhayat menyampaikan, dirinya kaget karena rumahnya bergetar dalam waktu sepersekian detik. Bahkan dirinya pun sempat keluar rumah karena situasi tersebut, memang kejadian seperti ini belum pernah dia alami.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE