Ombudsman Kepri minta pelabuhan buka layanan aduan mudik

id Kepri,batam,ombudsman ,mudik,kepulauan riau

Ombudsman Kepri minta pelabuhan buka layanan aduan mudik

Ombudsman RI Perwakilan Kepri saat melakukan peninjauan layanan mudik di Pelabuhan Sekupang (ANTARA/HO-Ombudsman)

Batam (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) meminta pihak Pelabuhan ASDP Roro Telaga Punggur dan Pelabuhan Sekupang maupun instansi terkait untuk membuka layanan pengaduan mudik yang informatif bagi masyarakat.

”Buka pengaduan seinformatif mungkin, jangan hanya kotak saran saja, cantumkan kemana masyarakat dapat membuat pengaduan. Jangan sampai masyarakat bingung dan tidak tahu kemana harus mengadu,” kata Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman Kepri Adi Permana di Batam, Selasa.

Adi menyampaikan pihaknya melakukan pemantauan pelayanan publik terhadap persiapan mudik Lebaran tahun 2023 untuk memastikan layanan mudik kepada masyarakat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Puluhan ribu pemudik keluar masuk melalui Pelabuhan Tanjungpinang

Untuk Pelabuhan ASDP Roro Telaga Punggur, kata dia, layanan mudik sudah berjalan cukup baik mulai dari kualitas pelayanan, standar pelayanan, hingga sarana dan prasarana.

”Kami sangat mengapresiasi adanya peningkatan kualitas pelayanan, kelengkapan standar pelayanan, dan sarana prasarana di sana. Apalagi ada wacana untuk perluasan ruang tunggu pengguna layanan pada bulan Juni mendatang,” ujar dia.

Kemudian  pihak Pelabuhan ASDP Roro Telaga Punggur telah melakukan skema pemesanan tiket kapal jarak jauh melalui aplikasi WhatsApp (WA) guna mencegah adanya praktik percaloan.

Baca juga: Kapolda Kepri pastikan KM Kelud siap angkut pemudik Lebaran

”Adanya skema ini sudah sangat bagus dilakukan untuk meminimalisir praktik percaloan. Namun seharusnya dilengkapi dengan SOP (Standart Operation Procedure), sehingga masyarakat mudah memahami,” kata Adi.

Sementara itu untuk Pelabuhan Sekupang, ia menyampaikan layanan mudik yang dipersiapkan sudah cukup baik, mulai dari mesin X-Ray yang berfungsi dengan baik hingga penataan hilir mudik lalu lintas.

”Kami harap dapat dipertahankan terutama nanti saat musim puncak pelaksanaan mudik tahun ini,” ujar Adi.

Baca juga: Lonjakan arus mudik di Pelabuhan Kualatungkal diprediksi H-3 lebaran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE