Ketua MUI sebut gerhana matahari adalah peringatan bagi manusia

id Gerhana,MUI

Ketua MUI sebut gerhana matahari adalah peringatan bagi manusia

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) K.H. Muhammad Cholil Nafis seusai acara peluncuran pelatihan calon khatib muda di Jakarta, Selasa (11/4/2023) (FOTO ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MUI K.H. Muhammad Cholil Nafis mengatakan fenomena gerhana matahari merupakan peringatan dari Allah SWT kepada manusia atas perbuatannya di dunia.

"Dalam kacamata keagamaan gerhana matahari itu berkenaan dengan perilaku manusia di muka bumi termasuk kerusakan dan banyaknya maksiat," kata Ketua MUI kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.
 
Ketua MUI mengatakan fenomena gerhana matahari merupakan kejadian yang Allah SWT ciptakan supaya manusia sadar dan tunduk kepada sang Maha Pencipta.
 
"Oleh karena itu manusia dianjurkan untuk memperbanyak istighfar, sedekah, shalawat, dan melaksanakan shalat gerhana sebagai bentuk pertaubatan," kata dia.
 
"Dalam surat Yasin itu ada ayat yang berbunyi wa syamsu tajri limustaqarril lahaa," tambah Muhammad Cholil Nafis, doktor lulusan Universitas Malaya itu.
 
Cholil mengatakan dalam tafsir ayat tersebut diceritakan peristiwa perputaran matahari pada porosnya dan penyebab terjadinya gerhana matahari.
 
Gerhana matahari merupakan fenomena pengaduan matahari kepada Allah karena melihat keengganan manusia dalam beribadah kepada Allah, jelasnya.
 
Sebelumnya Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah memprediksi fenomena gerhana matahari hibrida akan terjadi di Indonesia pada Kamis (20/4).
 
Kata Kemenag...

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE