Gunung Anak Krakatau erupsi pada Kamis pagi, lontarkan abu setinggi tiga kilometer

id pvmbg,gunung anak krakatau,anak krakatau erupsi,gunung api

Gunung Anak Krakatau erupsi pada Kamis pagi, lontarkan abu setinggi tiga kilometer

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi yang melontarkan kolom abu setinggi tiga kilometer di atas puncak Gunung Anak Krakatau, Provinsi Lampung, Kamis (11/5/2023). (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan telah terjadi erupsi di Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di perairan Selat Sunda, Provinsi Lampung pada Kamis pukul 05.19 WIB.
 
"Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 3.000 meter di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Deny Mardiono dalam keterangan yang diterima di Jakarta.  
 
Deny menjelaskan erupsi itu terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi sekitar 2 menit 12 detik.
 
Menurut dia, erupsi itu tidak terdengar suara dentuman.
 
Gunung Anak Krakatau berada pada status level III atau siaga yang ditetapkan sejak 24 April 2022.
 
PVMBG merekomendasikan masyarakat, pengujung, wisatawan, maupun pendaki untuk tidak mendekati gunung api tersebut atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.
 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Anak Krakatau erupsi lontarkan abu setinggi tiga kilometer

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE