Hunian hotel saat libur panjang meningkat

id Hunian hotel,Kunjungan wisman,Batam,Kepri,Wisman, wisman batam

Hunian hotel saat libur panjang meningkat

Ribuan wisman mancanegara memadati pintu kedatangan di Pelabuhan Internasional Batam Center, Kota Batam. (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata menyebutkan tingkat hunian hotel saat libur panjang akhir pekan ini meningkat.

“Dilihat dari ramainya wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui pelabuhan internasional hari ini, hal ini berefek langsung dengan meningkatnya hunian hotel di Batam,” ujar Ardi saat dihubungi di Batam Kepulauan Riau, Jumat.

Tidak hanya ramai dari kunjungan wisman, hunian hotel di Kota Batam juga dipenuhi oleh wisatawan nusantara (wisnus).

“Tidak hanya hunian hotel saja yang ramai, pusat-pusat perbelanjaan dan tempat wisata olahraga juga ramai dikunjungi libur panjang ini,” katanya.

Ia menyebutkan usai Pandemi COVID-19 peningkatan kunjungan orang ke kota Batam mengalami peningkatan. Data BPS sebanyak 98.268 kunjungan pada Maret 2023 atau peningkatan sebesar 32,45 persen dibandingkan bulan Februari 2023 yakni 74.193 kunjungan.

"Trennya positif. Semua pelayanan sisi pariwisata terus kita tingkatkan untuk mengakomodir kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara," kata dia.

Diberitakan ribuan wisatawan mancanegara dari Singapura dan Malaysia berlibur ke Kota Batam pada libur panjang akhir pekan ini.

Kasi Operasional Pelabuhan Internasional Batam Center Sobri mengatakan dengan meningkatnya jumlah penumpang pada hari ini, pihaknya menambah sebanyak 14 pelayaran kapal dari negara Singapura.

“Normalnya itu ada 52 pelayaran dalam sehari, tapi untuk hari ini ada penambahan 14 pelayaran dari Singapura, jadi totalnya ada 66 perjalanan. Satu kapal itu untuk ukuran kecil berisi 250 orang, sedangkan untuk ukuran besar itu bisa berisi 322 orang penumpang,” katanya. 

Dia menjelaskan ramainya kedatangan wisman yang didominasi dari Singapura karena adanya libur panjang menyambut Hari Raya Waisak.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE