Jokowi perintahkan Menpan RB cari solusi PPPK

id Jokowi,Menpan RB,calon PPPK,banyak PPPK tak lulus

Jokowi perintahkan Menpan RB cari solusi PPPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas memberikan keterangan pers di lingkungan Istana Negara, Jakarta, Senin (12/6/2023). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Jokowi memerintahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mencari solusi terkait banyak calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang tidak lulus tes.

“Kami buat skenario yang dilaporkan ke Presiden. Bapak Presiden perintahkan kepada kami, kaji terkait beberapa kemungkinan apakah itu perankingan atau seperti yang lain,” kata Mempan RB di Jakarta, Senin.

Berdasarkan hasil seleksi PPPK, Maret 2023 lalu, kata Azwar, banyak sekali peserta tes yang tak lulus. Dia mencontohkan untuk tingkat kelulusan PPPK dosen saja hanya 31 persen.

Menurut Azwar, minimnya peserta yang lulus, kemungkinan karena tingginya “passing grade” atau nilai ambang batas yang diajukan instansi pembina atau karena banyaknya peserta tes yang tidak menguasai kompetensi teknis sesuai syarat.

“Banyak sekali yang tidak lulus bahkan tingkat kelulusan PPPK dosen itu total hanya 31 persen. Berarti ini soal passing grade yang diajukan isntansi pembina yang tinggi atau kompetensi teknis banyak yang tidak bisa mereka kerjakan,” ujarnya.

Azwar juga mencontohkan untuk pranata komputer, calon PPPK yang diterima hanya tiga persen dari total 10 ribu pendaftar. Padahal banyak dari peserta tes sudah mengabdi kepada pemerintah selama 10-15 tahun.

“Ini bisa karena soalnya, atau karena SDM-nya, sementara mereka sudah mengabadi ada yang sudah 15-10 tahun, ini banyak yang usul ke kami, banyak afirmasi,” ujar Azwar.

 

 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi perintah Menpan RB cari solusi banyak calon PPPK yang tak lulus

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE