Atraksi Kie Lin Meriahkan Cap Go Meh di Bogor

id kie, lin, bogor, vihara, cap, go, meh

Bogor (ANTARA News) - Pertunjukan Kie Lin  memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2562 di Vihara Dhanagun atau Hok Tek Bio di Kota Bogor, Kamis.

Wujud kie lin dengan kostum hijau seperti barongsai namun juga menyerupai naga bertanduk.

Gerakan repilika hewan mitologi itu berbeda dengan barongsai dan liong yang lebih mengandalkan olah gerak tubuh yang diiringi dengan musik.

Atraksi kie lin ditampilkan khusus oleh Perguruan Silat PGB Bangau Putih.

Wakil Panitia Cap Go Meh Vihara Dhanagun, Candra Kusuma menyebutkan atraksi kie lin merupakan ritual untuk mengiringi dewa turun ke bumi.

"Kie lin hanya ditampilkan pada saat  cap go meh ketika para dewa naik ke joli" katanya saat ditemui di sela-sela acara.

Perayaan di Vihara Dhanagun sederhana namun meriah dengan pertunjukan liong barong, barong dan kie lin sejaki pukul 07.00 WIB, ditandai dengan ritual mengarak ruphang di atas joli.

Ia mengatakan ada enam joli yang di arak yakni Joli Thian Lu (Abu), Joli How Cuong Kun (Macan), Joli Kwan Yin, Joli Kwan Kong, Joli Hok Tek Tjeng Sin dan Joli Pan Kho.

Joli-joli tersebut di arak keluar vihara menuju halaman, sambil mengelilingi vihara.

Ibadat dan perayaan Cap Go Meh 25621 berlangsung selama satu hari penuh.

Selain ritual arak-arakan joli ruphang, barong sai, liong barong, kie lin dan tangsin, Vihara Dhanagun juga menyelenggarakan pengobatan gratis bagi masyarakat miskin pada 6 Februari.
(ANT-LR/A033/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE