Pemkot Tanjungpinang latih juru sembelih hewan kurban

id pelatihan juru sembelih,penyembelihan hewan kurban,idul adha 2023,tanjungpinang, kepri, kepulauan riau

Pemkot Tanjungpinang latih juru sembelih hewan kurban

Wali Kota Tanjungpinang Rahma. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tanjungpinang di Provinsi Kepulauan Riau memberikan pelatihan teknis kepada juru sembelih halal yang bertugas memotong hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan bahwa pelatihan ditujukan untuk meningkatkan kapasitas juru sembelih halal atau Juleha dalam menangani hewan kurban.

"Untuk melaksanakan sesuatu tentu perlu dibekali ilmu, termasuk kepada petugas Juleha yang akan sangat berperan dalam melaksanakan tugasnya," katanya saat meninjau pelatihan juru sembelih hewan kurban di Aula Kantor Camat Tanjungpinang Timur, Jumat.

Baca juga: Embarkasi Batam memberangkatkan 476 calon haji tambahan

"Jangan sampai melaksanakan ibadah kurban tapi tidak memenuhi syarat atau rukun," ia menambahkan.

Dia mengemukakan bahwa anggota panitia kurban juga perlu dibekali pengetahuan mengenai tata cara penanganan dan pembagian daging kurban.

"Tidak sekadar penyembelihan yang memenuhi syarat dan rukun, tapi manajemen tentang kurban juga penting dipahami oleh seluruh panitia," kata Rahma.

Sementara itu, Ketua Juleha Kota Tanjungpinang, Saparillis, mengapresiasi pemerintah kota yang telah memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan mengenai pelaksanaan ibadah kurban.

Baca juga: Karantina Pertanian perketat sapi masuk ke Batam cegah LSD

Ia menyampaikan bahwa selama pelatihan pada juru sembelih hewan antara lain mendapat paparan materi mengenai tata cara penyembelihan hewan kurban sesuai syariat.

"Melalui kegiatan ini, para petugas Juleha dapat memiliki kompetensi dan ilmu berkaitan tata cara penyembelihan yang aman serta sesuai dengan syariat," katanya.

Dia mengatakan bahwa pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah ada sekitar 100 juru sembelih yang akan disebar ke masjid-masjid untuk membantu pemotongan hewan kurban.

Baca juga: Presiden Jokowi berikan 38 ekor sapi untuk Idul Adha, termasuk ke Kepri

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE