PGN raih penghargaan Padmamitra Award

id pgn,Padmamitra Award,csr,tjsl,wapres,koperasi tani, pagar dewa

PGN raih penghargaan Padmamitra Award

Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kiri) menyerahkan penghargaan Padmamitra Award 2022 kepada Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT PGN Tbk Harry Budi Sidharta (kanan) di Jakarta, Rabu (5/7/2023). ANTARA/HO-PT PGN Tbk

Jakarta (ANTARA) - PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero) mendapatkan penghargaan Padmamitra Award 2022 melalui program pemberdayaan petani karet di Desa Pagar Dewa, Sumatera Selatan, yang merupakan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Harry Budi Sidharta dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan TJSL PGN memiliki prioritas mendukung bisnis perusahaan dan program pemerintah.

"Kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Pagar Dewa yang sukses dan mendapatkan penghargaan ini, diharapkan dapat terealisasi ke program-program pemberdayaan PGN lainnya di sekitar wilayah operasi," kata Harry.

Penghargaan Padmamitra Award, yang diselenggarakan Kementerian Sosial bekerja sama dengan Forum CSR Indonesia itu, diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Harry Budi Sidharta di Jakarta, Rabu (5/7).

Harry mengatakan perkebunan karet yang luas tidak serta merta membuat petani di Desa Pagar Dewa menjadi berdaya.

Petani mengalami berbagai kendala, antara lain dalam pemenuhan kebutuhan pupuk, pengelolaan pembibitan, dan pembuatan pupuk organik untuk karet.

"Untuk menyikapinya, pekerja PGN di Stasiun Pagar Dewa membantu koperasi tani agar bisa menyediakan pupuk dengan harga terjangkau. Petani juga dapat menggunakan sistem kredit pupuk untuk meringankan beban petani ketika masuk periode pemupukan," kata dia.

Pendampingan koperasi tani di Pagar Dewa oleh PGN berjalan sejak tahun 2016.

Koperasi tani menyediakan pupuk dengan harga terjangkau dan dapat kredit untuk pembayarannya.

Sistem kredit pupuk di Koperasi Tani Pagar Dewa dapat dibayarkan dalam delapan kali angsuran.

Periode pembayaran dilakukan saat penimbangan hasil karet dalam satu hingga dua kali dalam sepekan. 

"Kegiatan lain yang dilakukan antara lain pelatihan pembuatan pupuk organik disertai pelatihan pembibitan karet dengan memanfaatkan bibit varietas unggul dari Sembawa, Musi Banyuasin," kata Harry.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PGN Subholding Gas Pertamina raih penghargaan Padmamitra Award

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE