KKP tambah satu unit kapal pengawas untuk beroperasi di Natuna

id Laut natuna utara, kp Orca 5, KP Orca 6, pengawasan laut, Adin Nurawaluddin, kkp, kemebterian kelautan dan perikanan, ka

KKP tambah satu unit kapal pengawas untuk beroperasi di Natuna

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menambah satu unit kapal pengawas kelas I dari Jepang yang akan diberi nama KP Orca 06. ANTARA/HO-KKP.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menambah satu unit kapal pengawas kelas I dari Jepang untuk memperkuat pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan di Laut Natuna Utara.

Kapal hibah dengan panjang 63 meter ini rencananya akan tiba di Tanah Air pada September 2023 yang akan diberi nama KP Orca 06.

"Yang sudah di Indonesia kapal pengawas (KP) Orca 05, sementara KP Orca 06 masih di Jepang, rencana September tiba di Indonesia," ujarnya kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Adin melalui siaran pers resmi, Jumat, mengatakan kapal eks Jepang saat ini dalam proses penyempurnaan di Nigata Shipbuilding and Repair.

Penyempurnaan kapal yang dilakukan meliputi perbaikan pada bangunan kapal, permesinan, sistem propulsi, dan perlengkapan navigasi komunikasi, geladak, serta akomodasi.

Menurut dia, laut Natuna Utara memiliki tantangan tersendiri. Dengan luas wilayah sekitar 703 ribu km persegi, KKP harus mengawasi 16 ribu lebih kapal perikanan yang melakukan penangkapan ikan di wilayah perairan tersebut.

Wilayah perairan Natuna Utara juga berbatasan dengan negara tetangga menjadikan wilayah itu memiliki potensi pelanggaran tertinggi dibandingkan WPP lainnya.

Karenanya, dengan keunggulan yang dimiliki satu kapal baru ini, laut Natuna Utara bisa bebas dari para pelaku penangkapan ikan ilegal.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KKP tambah satu unit kapal pengawas dari Jepang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE