PLUT Batam tekankan pentingnya pemasaran secara digital bagi UMKM

id Kepri,batam,PLUT,usaha mikro,UMKM,pasar digital

PLUT Batam tekankan pentingnya pemasaran secara digital bagi UMKM

Seorang warga saat berkunjung ke PLUT Batam untuk melihat-lihat produk UMKM (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Batam, Kepulauan Riau, menekankan pentingnya pemasaran produk secara digital bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) guna meningkatkan penjualan produknya.

"Pemasaran secara digital merupakan cara yang sangat strategis di era digitalisasi saat ini karena tidak dibatasi ruang dan waktu," kata Kepala PLUT Kota Batam Arfie Eranov di Batam, Senin.

Arfie menyampaikan, pihaknya bersama Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam senantiasa memberikan bimbingan teknis (bimtek) secara berkala kepada pelaku usaha.

Saat ini, sebanyak 1.023 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Batam hingga Juli 2023.

"Seperti minggu lalu kami ada kegiatan bimtek tentang kemasan produk. Kami juga berencana melaksanakan bimtek pemasaran secara digital bagi pelaku usaha," ujar Arfie.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Batam Hendri Arulan mengatakan pihaknya kerap melakukan pembinaan bagi pelaku usaha terkait strategi kewirausahaan, branding, promosi produk UMKM, hingga membuat kemasan produk yang menarik.

Menurut Hendri, produk UMKM harus dikemas dengan baik sehingga orang tertarik untuk membeli. Pemkot Batam pun berkomitmen agar seluruh pelaku usaha di Kota Batam dapat semakin berkembang.

Pembinaan atau pelatihan tidak hanya diberikan kepada pelaku UMKM yang telah lama menjalani usahanya, tetapi juga kepada pelaku UMKM pemula.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE