LSI Denny JA sebut elektabilitas partai koalisi Prabowo capai 39 persen

id LSI Denny JA,Koalisi Partai Prabowo Unggul,Koalisi Indonesia Maju,Pemilu 2024,survei

LSI Denny JA sebut elektabilitas partai koalisi Prabowo capai 39 persen

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), Ketua Umum Partai Amanat Rakyat (PAN) Zulkifli Hasan (kiri), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) berjabat tangan saat deklarasi dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU/aa. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan, partai koalisi yang pro kepada Prabowo Subianto mengungguli partai koalisi pro terhadap Ganjar Pranowo dan pro terhadap Anies Baswedan.

"Berdasarkan survei terbaru LSI Denny JA Agustus 2023, total perolehan suara partai pro-Prabowo masih yang tertinggi sebesar 39 persen, partai pro-Ganjar berada di urutan kedua sebesar 25,2 persen, dan pro-Anies berada di urutan ketiga sebesar 14,5 persen," kata Peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Apabila disandingkan data pada Pemilu 2019 dan data survei Agustus 2023, perolehan suara partai pro terhadap Prabowo terbesar di Pemilu 2019 dan pada survei di bulan Agustus 2023.

"Kekuatan dukungan kursi 2019 bagaimana berdasarkan hasil survei kami, partai pro-Prabowo terbesar dalam perolehan kursi koalisi 46,09 persen. Sementara dukungan partai pro-Ganjar 25,56 persen dan dukungan partai pro-Anies 28,35 persen," kata dia.

Koalisi poros pro-Prabowo terbesar dalam perolehan kursi koalisi pada Pemilu 2019. Total dukungan partai pro-Prabowo sebesar 46,09 persen terdiri dari empat partai yaitu Gerindra 13,57 persen, PKB 10,09 persen, Golkar 14,78 persen, dan PAN 7,65 persen.

Partai poros pro-Prabowo terdiri dari empat partai politik, yaitu Gerindra, Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Amanat Nasional. Kemudian, poros Ganjar terdiri dari dua partai, yakni PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan dan poros Anies terdiri dari tiga partai, yakni Partai Nasdem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: LSI Denny JA: Elektabilitas partai koalisi Prabowo capai 39 persen

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE