Sandiaga Uno: Siapapun cawapres-nya, PPP tetap perjuangkan Ganjar sebagai presiden

id siapapun cawapres-nya perjuangkan ganjar, ganjar presiden,sandiaga uno

Sandiaga Uno: Siapapun cawapres-nya, PPP tetap perjuangkan Ganjar sebagai presiden

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasional PPP, Sandiaga Uno, saat rapat konsolidasi PPP Dapil Jateng III di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (16/9/2023). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

Rembang (ANTARA) - Ketua Bappilu Nasional PPP Sandiaga Uno menegaskan,siapapun calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024, partainya tetap berkomitmen memperjuangkan Ganjar Pranowo sebagai presiden.

"Kami tetap akan istiqomah memperjuangkan Ganjar Pranowo menjadi presiden RI," kata Sandiaga di Rembang, Jumat.

PPP sendiri, kata dia, sedang menyiapkan beberapa pekan ke depan untuk penentuan cawapres, pasangan yang diharapkan menuju Indonesia maju makmur dan negeri yang baik dengan Rabb Yang Maha Pengampun.

Terkait dengan peluang Ganjar Pranowo berpasangan dengan Ridwan Kamil eks Gubernur Jawa Barat, kata dia, putra putri terbaik bangsa harus memberikan ruang untuk berkolaborasi.

Meskipun demikian, PPP tetap menawarkan konsep ekonomi hijau yang diharapkan bisa diterima oleh koalisi PDI Perjuangan dan PPP.

Menurut dia sejatinya PPP bersaudara. Tetapi kalau peluang menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo semuanya wewenang dan prerogatifnya ketua umum PPP.

Sementara itu, Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi menambahkan bahwa PPP akan mengikuti tahapan yang sedang berjalan, termasuk upaya memenangkan Ganjar sebagai capres.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiaga: Siapapun cawapres-nya PPP tetap perjuangkan Ganjar presiden

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE