Produk IKM Unggulan Kepri akan Diseleksi

id Industri, kecil, menengah, kepauan, riau, diseleksi, pameran, yogyakarta, batam

Tanjungpinang (ANTARA News) - Produk unggulan dari industri kecil menengah di Provinsi Kepulauan Riau akan diseleksi untuk dipamerkan di Batam dan Yogyakarta.
    
Sekitar 50 produk unggulan asal Kepulauan Riau (Kepri) dipamerkan pada acara Kepri Expo di Batam 28 Mei 2011 dan pameran produk unggulan IKM  (industri kecil menengah) di Yogyakarta 8 Juni 2011, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri, Syed Muhammad Taufik, Rabu, di Tanjungpinang. 
    
"Sekitar 50 produk IKM mewakili tujuh kabupaten/kota di Kepri untuk dipamerkan di Batam dan Yogyakarta," ungkap Taufik.
    
Produk IKM asal Kepri tersebut kembali akan diseleksi untuk ditampilkan pada acara Teknologi Tepat Guna tingkat nasional yang dilaksanakan tahun 2012 di Batam. Kemungkinan hanya sekitar 20 produk unggulan IKM asal Kepri yang dipamerkan pada acara Teknologi Tepat Guna.
    
Produk unggulan yang telah diseleksi tersebut akan dipromosikan sebagai oleh-oleh asli Kepri yang dapat dibeli wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.  
    
"Produk unggulan dari IKM Kepri berupa makanan dan kerajinan tangan," ujarnya.
    
Sementara itu, tenaga penyuluh IKM di Tanjungpinang, Dedi, yang merupakan angkatan pertama (tahun 2007) yang mendapat beasiswa sebagai tenaga penyuluh lapangan dari Menteri Perindustrian, mengemukakan, produk unggulan dari Tanjungpinang adalah dendeng sotong.
    
"Pengusaha dendeng sotong Tanjungpinang, Poniran, mendapat penghargaan Upakarti pada tahun 2010," kata Dedi yang juga alumni Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta.
    
Sedangkan produk unggulan IKM di Karimun, yang kemungkinan dapat dipamerkan adalah kerajinan rotan dan kerupuk moro. Produk ini mendapat perhatian konsumen dalam dan luar negeri.
    
"Kerajinan rotan dan kerupuk moro dapat diandalkan untuk dipamerkan pada Kepri Expo 2011 di Batam," ujar Ihsan, tenaga penyuluh lapangan IKM Karimun.

(ANT-NP/Btm1) 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE