Poltek Batam Kembangkan Robot Penjinak Bom

id politeknik, batam, kembangkan, robot, penjinak, bom, polda, kepulauan riau

Batam (ANTARA News) - Politeknik Negeri Batam bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mengembangkan robot penjinak bom.

"Politeknik bersama Polda sedang mencari material yang pas untuk robot yang kami kembangkan," ucap Direktur Politeknik Negeri Batam, Priyono Eko Sanyoto di Batam, Minggu.

Menurut Priyono, material untuk robot penjinak bom berbeda dengan robot-robot untuk keperluan lain yang pernah dibuat mahasiswa Poltek Negeri Batam.

"Kami mengupayakan bahan yang sebaik mungkin, agar robot tidak hancur saat ada bom yang meledak," lanjutnya.

Selain mencari material yang tepat, kata Priyono, tim Politeknik sedang mengembangkan desain yang tepat untuk robot yang akan diciptakan.

Priyono berharap, robot tersebut segera dapat diwujudkan untuk membantu pihak kepolisian menanggulangi ancaman bom terutama di wilayah hukum Polda Kepri.

Politeknik Negeri Batam mempunyai prestasi yang baik dalam bidang pembuatan robot.

Dua tahun terakhir, menurut Priyono, Politeknik Negeri Batam selalu menajadi juara umum Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) wilayah Sumatera.

"Sedangkan untuk tingkat internasional kami pernah menjadi juara ketiga kontes robot cerdas di tahun 2007," tambahnya.

Selain bekerja sama dengan Polda, Politeknik Negeri Batam juga terus berupaya mengembangkan robot untuk keperluan industri.

Menurut Priyono, Batam adalah kota industri yang memanfaatkan teknologi tinggi. Politeknik berharap, pengembangan robot yang dilakukan akan dilirik oleh perusahaan-perusahaan di Batam.

"Kami akan berupaya mengembangkan robot industri tepat guna," kata Priyono.
(ANT-L/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE