Pemerintah akan hadiahkan rumah bagi atlet peraih medali di Hangzhou

id Pemerintah akan berikan hadiah ,rumah atlet peraih medali di Hangzhou

Pemerintah akan hadiahkan rumah bagi atlet peraih medali di Hangzhou

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi para atlet Indonesia di Asian Para Games di Hangzhou, China, Jumat (27/10/2023).  ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

Hangzhou China (ANTARA) - Pemerintah akan memberikan hadiah rumah tinggal bagi para atlet yang berhasil meraih medali dalam Asian Para Games 2023 di Hangzhou, China.

"Kami pastikan atlet peraih medali dalam Asian Para Games (APG) Hangzhou akan memperoleh hadiah rumah tinggal dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Hangzhou, Sabtu.

Pihaknya sudah mengontak Sekjen Kementerian PUPR terkait dengan rencana itu dan telah mendapatkan berita yang cukup bagus karena Menteri PUPR Basuki Hadimuljono atas persetujuan Presiden Joko Widodo akan memberikan bonus berupa rumah untuk atlet yang mendapatkan medali di Asian Para Games.

Ia menegaskan pemberian hadiah rumah tidak berdasarkan jumlah medali yang didapatkan oleh para atlet, tetapi secara perorangan. 

Ia mengatakan semua atlet yang meraih medali akan mendapat bonus berupa rumah tinggal yang disesuaikan tempat domisili yang bersangkutan. 

Terkait dengan bonus atlet masih akan dihitung oleh pihak Kemenpora.

Perolehan medali para atlet kontingen Indonesia hingga Sabtu, 27 medali emas, 28 perak, dan 34 perunggu.

Ia menyebut peroleh medali kontingen Indonesia pada APG 2023 sebagai luar biasa dan banyak kejutan. Hal ini, berkat kerja keras para atlet, pendamping, dan para wartawan yang memberikan dukungan kepada mereka.

 Sementara itu, penyelenggaraan Asian Para Games 2022 Hangzhou resmi ditutup melalui upacara penutupan yang digelar di Hangzhou Olympic Sports Centre, China, Sabtu.

"Siapa yang mengira bahwa langit malam ini begitu cerah, begitu indahnya, di hari penutupan Asian Para Games 2022. Hangzhou telah menjadi tempat yang indah untuk penyelenggaraan ini," kata Presiden Komite Paralimpiade (APC) Asia Majid Rashed.

Lebih lanjut, ia juga mengapresiasi negara-negara yang berpartisipasi pada Asian Para Games edisi keempat ini. Terlebih, terdapat 283 rekor Asian Para Games yang terpecahkan, serta 72 rekor Asia, dan 21 rekor dunia yang dibukukan oleh para atlet yang berlaga di panggung olahraga untuk atlet disabilitas terbesar se-Asia ini.

"Kita semua sudah melihat perjuangan 468 atlet yang berlaga di Asian Para Games ini. Kami yakin bahwa semua penonton dan pendukung di sini terinspirasi dengan penampilan mereka," kata Rashed.

"Penampilan dan pencapaian mereka menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita berjuang dengan determinasi dan keberanian," ujarnya menambahkan.

Upacara penutupan Asian Para Games 2022 Hangzhou juga menyoroti keindahan solidaritas negara-negara di benua Asia, serta bagaimana inklusivitas merupakan hal yang harus terus diperjuangkan, termasuk di dunia olahraga.

"Kami tidak akan lupa bagaimana rasa hormat, inklusivitas, dan harmoni dari masyarakat Asia dengan gamblang ditunjukkan di Asian Para Games. Kita semua dapat bertemu dan bertegur sapa satu sama lain di tengah keindahan West Lake," kata Ketua Federasi Masyarakat Disabilitas China Cheng Kai.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah akan berikan hadiah rumah atlet peraih medali di Hangzhou

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE