Basarnas Natuna gelar bimbingan teknis pencarian dan pertolongan di air

id pelatihan pertolongan di air,Basarnas Natuna, bimtek water rescue,kepri,natuna,pencarian dan pertolongan

Basarnas Natuna gelar bimbingan teknis pencarian dan pertolongan di air

Pemasangan tanda peserta pelatihan. (ANTARA/HO-Basarnas Natuna)

Natuna (ANTARA) - Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menggelar bimbingan teknis (bimtek) water recue atau pertolongan di air guna mempertajam dan meningkatkan keterampilan rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan di air.

Kepala Sub Seksi Sumber Daya Basarnas Natuna Alfiansyah di Natuna, Senin, mengatakan peserta yang mengikuti bimtek tersebut sebanyak 15 orang personel rescuer Basarnas Natuna.

"Peserta merupakan rescuer Kantor SAR Natuna, baik dari Pos SAR dan Unit Siaga SAR serta tambahan unsur tenaga SAR lainnya," ucap dia.



Ia mengatakan bimtek dilaksanakan selama lima hari pada 13-17 November 2023.

Lokasi yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan, di antaranya Gedung Aula Kantor SAR Natuna, Kolam Renang di Kecamatan Bunguran Timur dan Pantai Tanjung di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

"Dimana hadir sebagai pengamat dari Direktorat Bina Tenaga Ibu Anastasya Maharan," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk membiasakan para rescuer dalam menggunakan peralatan keselamatan dan penyelamatan.

"Selain untuk meninjau kembali pengetahuan, baik teori maupun keterampilan rescuer dalam teknik pencarian dan pertolongan di perairan, kegiatan ini juga bertujuan mengakrabkan peralatan SAR yang digunakan di air," ujarnya.



Sebelum melakukan pelatihan, tambah dia, para peserta mengikuti apel terlebih dahulu.

Ia berharap kegiatan berjalan dengan lancar dan para personel bisa mengikuti dengan maksimal agar nantinya bisa memberikan pelayanan SAR yang cepat, efektif dan efisien.

"Apel pembukaan bimtek water rescue dihadiri oleh seluruh personel Kantor SAR Natuna dan apel pembukaan berjalan tertib, dilanjutkan dengan pelaksanaan teori kelas," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE