BPBD Bintan mendirikan posko pengawasan pengunjung di Pantai Trikora

id Posko pengawasan pantai

BPBD Bintan mendirikan posko pengawasan pengunjung di Pantai Trikora

Pengunjung bermain di kawasan pesisir Pantai Trikora, Kabupaten Bintan, Kepri, Jumat (22/12/2023). (ANTARA/Ogen)

Bintan (ANTARA) - BPBD Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mendirikan posko pengawasan Natal dan tahun baru di Pantai Trikora guna mengantisipasi cuaca ekstrem yang berpotensi membahayakan keselamatan para pengunjung pantai tersebut.

"Kita sudah membentuk posko dilengkapi tim penjagaan dan peralatan, mulai tanggal 23 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024," kata Kepala Pelaksana BPBD Bintan, Ramlah, Jumat.

Ramlah menyebut sesuai prediksi BMKG, kondisi cuaca di Bintan pada akhir tahun ini berpotensi hujan dengan intensitas tinggi disertai gelombang ekstrem, di mana saat ini kondisi gelombang di perairan itu masih berkisar 1,5 sampai 2,5 meter.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan langkah antisipasi dengan membentuk posko terpadu melibatkan unsur gabungan seperti Polri, TNI, Basarnas, Tanggap Bencana (Tagana), PMI, Satpol PP dan Pramuka.

Posko dipusatkan di dua titik pantai, yaitu Pantai Trikora Empat dan Pantai Dugong, karena di kedua pantai itu tak ada pengelola serta banyak pengunjung datang ke sana.

"Kedua lokasi itu juga rawan terjadi kecelakaan laut, seperti korban tenggelam," ungkap Ramlah.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada setiap pengelola di sepanjang Pantai Trikora agar memiliki satgas dan peralatan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan di tengah cuaca ekstrem menjelang pergantian tahun.

Tim terpadu turut memasang spanduk imbau batas waktu kunjungan warga di Pantai Trikora sampai pukul 17.00 WIB. Setelah itu, tak boleh ada lagi kunjungan, mengingat rata-rata kejadian orang berenang lalu tenggelam di pantai tersebut terjadi di atas pukul 17.00 WIB.

"Apalagi di atas pukul 17.00 WIB, penjaga pantai sudah pulang," ucap Ramlah.

Dia menyampaikan tim terpadu juga akan melakukan patroli laut dan patroli keliling untuk mengimbau para pengunjung pantai agar meningkatkan kewaspadaan.

Saat cuaca ekstrem, warga diimbau tidak berenang di kawasan pesisir pantai, terutama bagi anak-anak, sangat berbahaya.

"Tolong pengelola dan pengunjung Pantai Trikora supaya mematuhi imbauan petugas guna mencegah hal-hal tidak diinginkan terjadi," ujar Ramlah.

Dia menambahkan Pantai Trikora di Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga dalam maupun luar daerah, termasuk wisatawan mancanegara untuk menghabiskan libur akhir pekan hingga hari-hari besar di pantai terpanjang di Provinsi Kepri tersebut.

Pantai Trikora memiliki panjang mencapai 25 kilometer yang terbagi menjadi Pantai Trikora satu sampai empat.

"Makanya, pantai ini jadi salah satu fokus pengawasan kami, karena saat perayaan Natal dan Tahun Baru, pasti dipadati pengunjung," demikian Ramlah.*

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE