Warga yang tinggal dekat pusat erupsi Gunung Marapi diungsikan

id erupsi marapi, danrem wirabraja

Warga yang tinggal dekat pusat erupsi Gunung Marapi diungsikan

Penampakan Gunung Marapi dari Kabupaten Agam. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl mengatakan tim gabungan kembali mengungsikan warga yang masih berdomisili dalam radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi di Sumatera Barat.

"Kemarin kita mendapatkan informasi masih terdapat 13 rumah yang berada di sektor wilayah Agam, dan hari ini akan kita ungsikan ke rumah saudara-saudaranya," kata Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl di Padang, Kamis.

Danrem mengatakan seluruh kebutuhan logistik warga yang diungsikan tersebut akan ditanggung oleh pemerintah daerah.

Pada Rabu (10/1/2024) tim gabungan mengungsikan 24 kepala keluarga yang berada dalam radius 4,5 kilometer.

"Warga yang diungsikan ini bukan ke suatu tempat yang kami siapkan, namun ke rumah saudara-saudara mereka. Tapi kebutuhan mereka telah dijamin pemerintah setempat," kata dia 

Danrem menyampaikan berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana apabila masih terjadi kenaikan status Gunung Marapi dari level tiga (siaga) ke level IV (awas), maka areal yang akan disterilkan sejauh 7,5 kilometer.

Artinya, enam nagari atau desa yang terdampak langsung dan wajib diungsikan ke areal yang jauh lebih aman. Seluruh warga harus dipindahkan demi mencegah jatuhnya korban jiwa.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tim gabungan kembali ungsikan warga dari radius 4,5 kilometer Marapi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE