Lontaran material pijar Gubung Sumbar capai radius 4,5 kilometer

id gunung marapi,lontaran pijar marapi, pijar marapi,marapi erupsi,pvmbg,lontaran pijar,Musibaj

Lontaran material pijar Gubung Sumbar capai radius 4,5 kilometer

Potret Gunung Marapi menyemburkan abu vulkanik terlihat dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (13/1/2024). (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Bukittinggi (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) Kementerian ESDM menyampaikan lontaran material pijar dari Gunung Marapi pada Sabtu, pukul 01.42 WIB masih dalam radius 4,5 kilometer.

"Itu adalah lontaran material pijar yang dikeluarkan bersamaan saat terjadinya erupsi Gunung Marapi," kata Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Marapi PVMBG Kristianto di Bukittinggi, Sabtu.

Ia memastikan lontaran pijar yang berwarna merah tersebut merupakan batuan vulkanik panas yang menyembur ketika terjadi erupsi.

Saat malam hari, katanya, fenomena alam itu akan terlihat lebih jelas jika dibandingkan dengan pada siang hari.

"Kami memastikan lontaran material pijar tersebut hanya di sekitar gunung saja dan tidak sampai ke luar radius 4,5 kilometer," ujarnya.

Ia menjelaskan lontaran material pijar terjadi akibat adanya tekanan yang kuat dari kawah gunung berapi sehingga menyembur ke atas. Dengan kata lain, terjadi peningkatan aktivitas gunung pada pukul 01.42 WIB.

Kendati demikian, Kristianto menyampaikan fenomena lontaran material pijar biasa terjadi pada gunung api aktif. 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PVMBG: Lontaran material pijar Marapi masih dalam radius 4,5 kilometer

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE