Indonesia berhadapan dengan Vietnam di Piala Asia Jumat malam

id Rafael Struick,Timnas Indonesia,Piala Asia 2023 Qatar,Vietnam vs Indonesia

Indonesia berhadapan dengan Vietnam di Piala Asia Jumat malam

Pesepak bola Timnas Indonesia Rafael William Struick (kanan) berebut bola dengan Pemain Irak Ali Adnan Al Tameemi (kiri) pada laga penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmad bin Ali Doha, Qatar, Senin (15/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz

Jakarta (ANTARA) -  Indonesia berhadapan dengan Vietnam di Piala Asia Jumat malam

Timnas Indonesia akan melanjutkan perjalanannya pada Grup D Piala Asia 2023 dengan menghadapi timnas Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat pukul 21.30 WIB, untuk memperebutkan tempat ketiga pada klasemen akhir Grup D agar dapat lolos ke babak 16 besar.

Striker timnas Indonesia Yakob Sayuri optimistis mampu membawa Skuad Garuda mencatat kemenangan atas Vietnam pada pertandingan match day 2 Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Jumat.

Pemain asal klub PSM Makassar itu tak mau melihat rekor pertemuan Indonesia vs Vietnam sebelumnya, karena akan tiba waktunya bagi Indonesia untuk membalikkan keadaan.

"Beberapa pertandingan terakhir kami sulit mengalahkan Vietnam. Tapi itu tahun lalu, ini tahun baru tahun 2024 dan yang di belakang biar lah berlalu. Kini kami kembali berusaha dan di pertandingan berikutnya kami bisa menghasilkan yang terbaik dan mendapat kemenangan," kata Yakob saat ditemui di sela sesi latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Kamis.

Baca juga: Timnas Indonesia protes AFC soal gol kontroversial Irak

Pemain timnas Indonesia Rafael Struick merasa optimistis Garuda dapat memetik tiga poin perdana di Piala Asia 2023 Qatar saat melawan tim Asia Tenggara Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/1) pukul 21.30 WIB.

Optimisme ini didasari setelah laga perdana yang berakhir dengan kekalahan 1-3 melawan Irak. Struick mengatakan hasil laga itu ia mendapatkan catatan khusus dimana ia dan timnya harus bekerja keras lagi di lapangan.

Menurutnya, jika pada laga kedua nanti timnya lebih bekerja keras, maka bukan tidak mungkin kemenangan perdana Indonesia di Piala Asia 2023 berada dalam genggaman.

"Setelah laga pertama, saya pikir evaluasinya adalah kita harus bekerja lebih keras lagi di laga kedua. Sekarang kita fokus ke pertandingan melawan Vietnam nanti," kata pemain yang tampil 76 menit saat melawan Irak tersebut, melansir dari laman resmi PSSI, Kamis.

Pesepak bola yang bermain untuk ADO den Haag itu lalu mengatakan bahwa ia sudah melihat permainan tim asuhan Philipe Troussier itu pada laga perdana dimana The Golden Stars sempat memimpin 2-1 melawan raksasa Asia Jepang sebelum akhirnya takluk dengan skor 2-4.

Baca juga: Indonesia kalah 1-3 dari Irak di laga perdana Piala Asia 2023

“Saya melihat laga mereka melawan Jepang. Kami akan mempertajam pola permainan kami dalam mencetak gol kala melawan Irak," sebut Struick.

Ia lalu menilai pertahanan tim Vietnam cukup kokoh. Namun, dalam hal ini ia tetap yakin permainan Garuda nanti dapat menjebol gawang negara peringkat 94 dunia itu untuk menjemput kemenangan.

"Pertahanan mereka bagus, kami akan mencoba membongkarnya. Akan sulit mungkin, tapi kami punya kesempatan untuk bisa melakukannya," tambahnya pesepak bola 20 tahun itu.

Saat ini, Indonesia berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup D dengan 0 poin dengan selisih minus dua gol. Sementara itu, Vietnam berada di posisi ketiga dengan poin dan selisih gol yang sama.


Sementara itu, pelatih timnas Vetnam Philipe Troussier mengatakan ia mewaspadai semangat juang permainan yang ditunjukkan timnas Indonesia ketika kedua tim akan bertemu pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar, Jumat (19/1) pukul 21.30 WIB, di Stadion Abdullah bin Khalifa.

Hal ini dikatakan Troussier karena ia melihat Indonesia bermain pantang menyerah meski akhirnya harus takluk di tangan Irak pada laga pertama dengan skor 1-3.

Pada laga itu, meski terpaut ranking FIFA yang cukup jauh dimana Indonesia berada di peringkat 146 dunia dan Irak berada di peringkat 63 dunia, tim Garuda memberikan perlawanan ketat pada Singa Mesoptamia dan sempat bermain sama kuat 1-1 sebelum kemudian takluk dengan defisit dua gol.

“Kekuatan terbesar tim Indonesia adalah kekuatan semangat tim. Meski kalah dari tim Irak, Mereka menunjukkan semangat dan daya juang yang tinggi, juga memiliki keseimbangan dalam menyerang dan bertahan,” kata Troussier pada jumpa pers sebelum melawan Indonesia, Kamis.

Selain secara keseluruhan tim, pelatih asal Prancis itu juga mewaspadai beberapa pemain Indonesia, seperti pencetak satu gol Marselino Ferdinan, striker milik ADO den Haag Rafael Struick, dan juga gelandang Merah Putih yang dikawal Justin Hubner dan Ivar Jenner sejak menit awal saat melawan Irak.

“Mungkin saya paling terkesan dengan pemain bernomor punggung 7, Marselino Ferdinan. Selain itu pemain nomor 11 Rafael dan gelandang tengah Indonesia juga sangat kuat dan agresif,” ucap Troussier.


Baca juga: Piala Asia, Iran menang 4-1 dari Palestina


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rafael Struick optimistis Indonesia raih tiga poin lawan Vietnam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE