Empat agenda pariwisata di Kepri masuk kharisma event nusantara 2024

id Kharisma event nusantara 2024

Empat agenda pariwisata di Kepri masuk kharisma event nusantara 2024

Kepala Dispar Kepri, Guntur Sakti (kiri) mendampingi Menparekraf, Sandiaga Uno meninjau lokasi pembangunan gedung UPT kreatif di Kota Tanjungpinang pada awal tahun 2024. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Empat agenda pariwisata dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masuk kalender Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, dari beberapa agenda pariwisata yang kami usulkan ke Kemenparekraf, empat di antaranya masuk KEN tahun ini," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri, Guntur Sakti di Tanjungpinang, Rabu.

Guntur menyebut keempat agenda pariwisata Kepri yang berhasil masuk KEN 2024 itu sudah melalui tahapan seleksi dan kurasi dari Tim Panel yang dibentuk Kemenparekraf.



Ada beberapa kriteria penilaian, misalnya agenda pariwisata tersebut sudah digelar selama tiga tahun berturut-turut, hingga mampu mendatangkan wisatawan.

Ia memerinci keempat agenda pariwisata dimaksud, yakni Batam Wonderfood Art Ramadhan tanggal 10 Maret-19 April 2024 di Kota Batam. Kemudian, Kenduri Seni Melayu tanggal 17-21 Juli 2024, yang juga digelar di Kota Batam.

Selanjutnya, Padang Melang International Folklore Festival tanggal 24-28 Juli 2024 di Kabupaten Kepulauan Anambas, lalu Tanjungpinang Fest tanggal 8-12 Agustus 2024 di Kota Tanjungpinang.

Guntur menjelaskan bahwa pelaksanaan KEN 2024 didukung penuh Kemenparekraf sebagai upaya untuk menarik kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke tanah air, khususnya di wilayah Kepri.

"Selain itu, KEN juga mengusung nilai-nilai persatuan, kebersamaan, ekonomi, serta kreatifitas. Maka itu, dinamakan dengan Kharisma Event Nusantara," ungkap Guntur.



Berdasarkan siaran pers tertulis dari Kemenparekraf bahwa Menteri Parekraf, Sandiaga Salahuddin Uno akan meluncurkan program KEN 2024 secara resmi di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada Sabtu (27/1)

Sandiaga mengatakan kalender KEN merupakan sebuah program dari Kemenparekraf untuk menghidupkan ekonomi dengan menghadirkan kegiatan-kegiatan daerah yang berkualitas.

Dalam program KEN 2024  terdapat 110 event yang terdiri dari 100 event unggulan dan top sepuluh event.

"Jadi, kalau saya mau pilih sepuluh destinasi untuk berwisata di Indonesia Aja, ini sudah ada event-nya yang bisa saya kunjungi dan 100 (event) untuk sepanjang tahun. Jadi kalau mau healing yang tidak bikin kantong kering, yang bisa menghilangkan kepala pening, datanglah ke KEN untuk refreshing," kata Sandiaga seperti dikutip dalam siaran pers tertulis tersebut.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Empat agenda pariwisata Kepri masuk kharisma event nusantara 2024

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE