Libur Imlek, Pelabuhan Internasional Batam tambah 14 pelayaran Singapura-Batam

id Kepri,batam ,Libur imlek,pelabuhan internasional

Libur Imlek, Pelabuhan Internasional Batam tambah 14 pelayaran Singapura-Batam

Suasana pintu kedatangan di Pelabuhan Internasional Batam, Kepri pada momen libur Imlek tahun 2024, Sabtu (10/2/2024). ANTARA/Jessica

Batam (ANTARA) - Pelabuhan Internasional Batam Center, Kota Batam, Kepulauan Riau melayani 14 pelayaran kapal tambahan pada saat momen libur Imlek tahun 2024.

Manager Operasional Pelabuhan Internasional Batam Center Nika Astaga, di Batam, Sabtu, mengatakan pelayaran tambahan tersebut diberlakukan untuk melayani peningkatan penumpang dari Singapura ke Batam.

"Itu khusus untuk kedatangan, kalau keberangkatan relatif normal saja. Tidak ada peningkatan," ujar Nika.

Ia menyebutkan sebelum adanya penambahan pelayaran kapal, Pelabuhan Internasional Batam Center melayani sebanyak 83 kapal.

Menurut Nika, peningkatan penumpang mulai terjadi pada Jumat (9/2), bahkan jumlah penumpang meningkat 100 persen dibanding hari biasanya.

"Hingga siang ini jumlah penumpang sudah mencapai di atas angka 9 ribu penumpang. Itu data kedatangan. Kalau biasanya paling 4 ribu penumpang," kata dia lagi.

Lebih lanjut, Nika menyampaikan arus kedatangan masih terus berlanjut hingga malam hari. Sementara untuk arus balik diperkirakan Senin (12/2).

"Sekarang yang masuk ke Batam mendominasi. Senin baru balik sepertinya. Besok mungkin saja ada, paling puncaknya Senin-lah," ujar dia.

Sebelum menghadapi peningkatan arus penumpang di Pelabuhan Internasional Batam Center, Nika menyampaikan pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi bersama pihak terkait.

Meski demikian, situasi di lapangan diakuinya masih belum berjalan baik, hingga terjadi antrean penumpang.

"Ada kurang kesiapan dari pihak terkait. Karena ini adalah momen Imlek, dan dipastikan jumlah penumpang itu membludak. Namun ini akan menjadi evaluasi bersama, agar momen ini tidak terulang lagi tentunya," ujar Nika.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Libur Imlek, Pelabuhan Internasional Batam layani 14 kapal tambahan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE