Kota Tuban kembali diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 6,5 pada Jumat sore

id Gempa tuban,gempa susulan,BMKG,BNPB

Kota Tuban kembali diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 6,5 pada Jumat sore

Peta pantauan dari Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG yang mencatat delapan gempa bumi susulan berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024) dari pukul 11.22 WIB - 13.31 WIB (ANTARA/HO-Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG) (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Kota Tuban, Jawa Timur kembali diguncang gempa, pada Jumat sore berkekuatan magnitudo 6,5 atau lebih besar dari sebelumnya yang berkekuatan 6 magnitudo.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Jumat, menginformasikan gempa berkekuatan magnitudo 6,5 itu terjadi pada pukul 15.52 WIB.

Pusat gempa berada di laut pada jarak 130 kilometer timur laut Kota Tuban, dengan kedalaman 10 kilometer.

Selain Kota Tuban yang merasakan getaran dengan skala intensitas III-IV, juga dirasakan oleh masyarakat di Jawa Tengah (Semarang, Blora).

Selanjutnya, D.I Yogyakarta, Jawa Timur (Banjar, , Malang, Surabaya, Mojokerto, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan).

Setiap daerah itu merasakan getaran gempa skala intensitas III-IV (MII) yang bermakna getaran gempa dirasakan oleh semua orang secara nyata di dalam rumah, hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

Merespons hal tersebut sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyatakan bahwa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan Jawa Tengah telah menyiagakan personel ke setiap daerah yang turut merasakan dampak gempa.

Para personel BPBD tersebut ditugaskan untuk melakukan pendataan dampak yang ditimbulkan oleh gempa, memastikan kondisi dan penanganan lebih lanjut termasuk proses evakuasi warga.*

Sementara itu, diberitakan dari Tuban sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji, mengatakan gempa di kabupaten itu terjadi hingga 16 kali.
 
"Gempa diikuti gempa susulan yang tercatat BMKG Tuban sebanyak 16 kali, terakhir kekuatan gempa dengan magnitudo 3,5," kata Sudarmaji di Tuban, Jumat.
 
Ia mengatakan kerusakannya terjadi di dua titik, yakni di Desa Glagahsari, Kecamatan Soko. Selain itu kerusakan terjadi di Desa Dagangan, Kecamatan Parengan.
 
"Sekarang ini BPBD masih terus melakukan pendataan, asesmen dan mengecek ulang di lapangan," katanya.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sejumlah daerah di Pulau Jawa mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI akibat gempa bumi yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur, pada Jumat siang pukul 11.22 WIB.
 
BMKG mencatat gempa susulan terjadi lebih dari lima kali sejak gempa awal dengan magnitudo 6,0 pada Jumat pukul 11.22 WIB di 132 kilometer timur laut Tuban, Jawa Timur, dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Hingga Jumat pukul 13.18 WIB masih terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,5, sebelumnya terjadi gempa susulan dengan magnitudo 3,0 pada pukul 13.09 WIB, kemudian pukul 13.06 WIB gempa dengan magnitudo 3,6, dan pukul 13.05 WIB gempa dengan magnitudo 4,1. Dari data BMKG, gempa tidak berpotensi tsunami.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kota Tuban kembali diguncang gempa magnitudo 6,5 pada Jumat sore

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE