Imigrasi Batam terbitkan 27.820 paspor pada triwulan I 2024

id Kepri,batam ,imigrasi ,paspor

Imigrasi Batam terbitkan 27.820 paspor pada triwulan I 2024

Proses layanan pembuatan paspor di Imigrasi Batam (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) telah menerbitkan 27.820 paspor biasa dan elektronik untuk masyarakat pada triwulan satu tahun 2024.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Kharisma Rukmana di Batam, Jumat mengatakan dari 27.820 paspor yang diterbitkan, terdiri dari 19.738 paspor biasa dan 8.082 paspor elektronik.

Ia menyampaikan minat warga Kota Batam terhadap paspor elektronik masih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

"Kalau dilihat dari angka ini, minta warga Batam terhadap e-paspor kurang diminati. Lebih banyak yang mengajukan paspor biasa. Padahal dari kita sudah mensosialisasikan bahwa e-paspor itu lebih maksimal penggunaannya dari paspor biasa," kata Kharisma.

Salah satu keunggulan dari e-paspor yaitu bebas visa kunjungan ke Jepang.

Selain itu adapun kelebihan lainnya terhadap e-paspor yaitu keamanan data tingkat tinggi, proses imigrasi yang lebih cepat, dan penerimaan luas di negara lain.

"E-paspor bebas visa ke Jepang, itu yang paling menonjol. Mungkin nanti akan ada penambahan ke negara lainnya untuk bebas visa kunjungan. Kalau paspor biasa harus ajukan permohonan visa dulu," ujar dia.

Berdasarkan data Imigrasi Batam, total jumlah permohonan paspor biasa pada tahun 2024 pada Januari sebanyak 7.649 paspor, Februari sebanyak 6.641 paspor, Maret sebanyak 5.451 paspor.

Sementara total jumlah permohonan paspor elektronik pada tahun 2024, pada Januari sebanyak 3.188 paspor, Februari sebanyak 2.497 paspor, Maret sebanyak 2.397 paspor.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE