Gunung Semeru erupsi dengan tinggi letusan capai 600 meter

id erupsi semeru,gunung semeru erupsi,Besuk Kobokan,Lumajang,Malang,Jatim,Jawa Timur,Gunung Semeru,Erupsi,BNPB,PVMBG,bencana alam,bencana,musibah,abu vul

Gunung Semeru erupsi dengan tinggi letusan capai 600 meter

Gunung Semeru saat terjadi erupsi pada Rabu (8/5/2024) pukul 06.53 WIB. (LANTARA/HO-PVMBG.

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang Jawa Timur erupsi dengan tinggi letusan 600 meter di atas puncak pada Rabu pukul 06.53 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari ini, 8 Mei 2024, pukul 06.53 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 600 meter di atas puncak atau 4.276 meter di atas permukaan laut," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru Ghufron Alwi dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Rabu.

Menurutnya, kolom abu vulkanik teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 112 detik.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Semeru, jumlah letusan Gunung Semeru yang pernah tercatat sebanyak 224 kali dalam periode 1 Januari hingga 8 Mei 2024 hingga pukul 09.00 WIB.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, sehingga pihak PVMBG memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

Baca juga:
Tiga orang ABK tewas dalam kebakaran kapal di Muara Baru pada 5 Mei lalu
Gunung Semeru kembali erupsi dan disertai letusan abu vulkanik
BMKG sebut gempa bumi di Maluku terjadi akibat Sesar Utara Pulau Seram


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Semeru erupsi dengan tinggi letusan 600 meter 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE