Sebanyak lima kecamatan di Ambon terdampak longsor dan angin kencang

id BPBD,longsor dan angin kencang,Ambon dilanda longsor,ambon,Batu Merah, Kelurahan Amantelu, Hative Kecil, Baru Meja, Kelurahan Mangga dua, Benteng, Pas

Sebanyak lima kecamatan di Ambon terdampak longsor dan angin kencang

Kejadian tanah longsor di Negeri Hukurilla Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon akibat akibat curah hujan tinggi disertai angin kencang sejak 12 hingga 13 Mei 2024. (ANTARA/HO- BPBD Kota Ambon)

Ambon (ANTARA) - Sebanyak lima kecamatan di Kota Ambon yakni Nusaniwe, Baguala, Teluk Ambon, Sirimau dan Leitimur Selatan terdampak bencana tanah longsor akibat curah hujan tinggi disertai angin kencang sejak 12 sampai dengan 13 Mei 2024.

"Intensitas hujan yang terus meningkat dari tanggal 12 - 13 Mei 2024 mengakibatkan beberapa kejadian bencana di Kota Ambon," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon Fahmi Sallatalohy, di Ambon, Senin.

Sejumlah kawasan di lima kecamatan tersebut juga pohon tumbang akibat angin kencang.

Kejadian bencana seperti tanah longsor terjadi di sejumlah kawasan di antaranya negeri Batu Merah, Kelurahan Amantelu, Hative Kecil, Baru Meja, Kelurahan Mangga dua, Benteng, Passo, Hukurilla, Ema dan Hative Besar.

Sementara angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan berdampak pada kerusakan atap rumah warga di kawasan Batu Meja dan Kelurahan Urimessing.

Tim BPBD Kota Ambon, katanya telah melakukan peninjauan, pendataan, dan memberikan bantuan untuk pembersihan material longsor.

Tim turun langsung meninjau lokasi kejadian dan melakukan penebangan pohon yang tumbang, dibantu masyarakat secara gotong royong untuk melakukan pembersihan lokasi longsor dan pohon tumbang yang menimpa rumah warga.

"Kami telah melakukan pemantauan dan memberikan bantuan berupa gerobak, sekop, terpal dan karung bagi keluarga untuk membersihkan lokasi serta antisipasi terjadinya longsor susulan," katanya.

Baca juga:
PVMBG: Gunung Ibu lontarkan abu vulkanik setinggi lima kilometer

Korban meninggal dampak banjir di Sumbar terus bertambah, kini jadi 27 orang

Polda Sumbar: Jalan nasional di Kawasan Silaing putus total



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lima kecamatan di Ambon terdampak longsor dan angin kencang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE