Atlet silat Kepri dipanggil ikut ASEAN School Games di Vietnam

id Atlet silat pplp kepri ikut asg vietnam

Atlet silat Kepri dipanggil ikut ASEAN School Games di Vietnam

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri melepas atlet ikut ASG di Vietnam dan Kejurnas PPLP di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (Antara/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Seorang atlet silat binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dipanggil tim nasional mengikuti ajang internasional ASEAN School Games (ASG) 2024 di Vietnam.

Kepala Pelatih PPLP Kepri Ramdani Hermansyah menyatakan atlet tersebut atas nama Ramadhan Arya Prayoga asal Kota Batam di Kelas F Putra.

"Ramadhan sudah dipanggil timnas untuk ikut ASG di Vietnam. Tanggal 31 Mei 2024 berangkat," kata Ramdani di Tanjungpinang, Rabu.

Pria yang akrab disapa Dani itu menjelaskan atlet silat yang dipanggil timnas untuk ASG tahun ini diambil dari juara satu Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2023, dan juara satu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PPLP silat tahun 2023.

Khusus Ramadhan, kata dia, berhasil keluar sebagai juara satu pada Kejurnas PPLP tahun 2023 di Palu, Sulawesi Tengah. Bahkan di laga final Kejurnas itu, ia berhasil mengalahkan juara satu POPNAS.

Ia merasa sangat bangga bisa membawa nama PPLP Dispora Kepri lolos mewakili Indonesia di ASG, dan ini perdana ada atlet pelajar SMA dari daerah itu tembus ke ajang olahraga setingkat ASG.

"Mudah-mudahan Ramadhan bisa bawa pulang medali dengan memberikan penampilan terbaiknya," ujar Dani.

Sementara, Kepala Dispora Kepri Muhammad Ikhsan turut mengucapkan rasa syukurnya karena atlet silat binaan PPLP Kepri dapat lolos ASG di Vietnam, apalagi semuanya melalui proses seleksi ketat secara nasional.

Ia berharap atlet Ramadhan bisa menorehkan prestasi setinggi-tingginya sekaligus mengharumkan nama baik Kepri khususnya, dan Indonesia pada umumnya di pesta olahraga tahunan untuk sekolah-sekolah tinggi yang berada di kawasan Asia Tenggara tersebut.

"Ini juga membuktikan bahwa program PPLP di Kepri telah menghasilkan bibit-bibit atlet yang berprestasi dan berdaya saing tinggi, khususnya di cabang olahraga pencak silat," kata Ikhsan.

Ikhsan menambahkan atlet silat PPLP Kepri dibina dan dilatih setiap hari oleh tim pelatih terbaik dan berprestasi di bidang olahraga pencak silat.

Saat ini total ada lima atlet binaan PPLP Kepri, yaitu Panji (Bintan), Wahyu (Bintan), Haikal (Bintan), Fabian (Tanjungpinang), dan Ramadhan Arya Prayoga (Batam).

Berikutnya pelatih kepala Ramdani Hermansyah dan Asisten Pelatih Aditya Vernando.

"Selain satu atlet ikut ASG Vietnam, empat atlet PPLP Kepri lainnya juga tengah mengikuti Kejurnas silat 2024 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan," demikian Ikhsan.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE