BMKG Natuna imbau masyarakat waspadai cuaca ekstrem

id Cuaca ekstrem ,BMKG,Stasiun Meteorologi ,Natuna,Hujan ,Banjir,Longsor,Angin kencang,bencana,himbauan,longsor kecil,natuna,kepri,kepulauan riau,bpbd na

BMKG Natuna imbau masyarakat waspadai cuaca ekstrem

Longsor kecil di gunung ranai (ANTARA/HO-BPBD Natuna)

Natuna (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), untuk waspada sebab di daerah itu berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Ranai Feriomex Hutagalung melalui keterangan resmi yang diterima di Natuna, Selasa, mengatakan cuaca ekstrem perpotensi terjadi pada 5-8 Juni 2024.

Baca juga: 2 anak Natuna wakili Kepri pada MTQ tingkat nasional

Menurut dia,  kondisi demikian disebabkan adanya daerah belokan angin yang menyebabkan penumpukan masa udara yang berpotensi membuat awan-awan hujan lebih signifikan.

"Berpotensi terjadi pada periode 5-8 Juni," ucap dia.

Ia menjelaskan, pada periode tersebut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Kondisi demikian berpotensi terjadi di Pulau Bunguran, Pulau Serasan, Pulau Subi dan Pulau Laut.

Ia menambahkan, cuaca ekstrem berpotensi memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung, genangan air, banjir, dan longsor.

Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam beraktivitas dan selalu mencari informasi terkait cuaca di Natuna.

"Cuaca ekstrem bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi," ujar dia.

Baca juga: BKKBN targetkan 13.000 warga Kepri gunakan alat kontrasepsi

Sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menyebutkan Gunung Ranai yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur berpotensi longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Natuna Raja Darmika saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna mengatakan, longsor kecil sudah terlihat di dua lokasi yakni di puncak batu dan puncak tertinggi.

Panjang longsor dari kedua lokasi tersebut mencapai 100-200 meter.

"Jarak vertikal mencapai 1.7 km ke pemukiman warga yaitu di daerah ranai darat, sedangkan jarak vertikal mencapai dua km ke Desa Sepempang," ucap dia.

Ia mengingatkan, masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apabila kondisi Gunung Ranai tengah mengalami hujan pasalnya berpotensi terjadi longsor susulan.

"Direkomensasikan jika kondisi hujan untuk tidak naik ke Gunung Ranai," ujar dia.

Baca juga: DP3 Tanjungpinang gencarkan gerakan pangan murah jelang Idul Adha 1445 H

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG imbau masyarakat Natuna waspada cuaca ekstrem

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE