Komnas Haji nilai Garuda Indonesia tidak profesional layani jamaah

id Garuda Indonesia,Penerbangan haji,Perubahan rute haji,Komnas haji

Komnas Haji nilai Garuda Indonesia tidak profesional layani jamaah

Ketua Komnas Haji dan Umrah Mustolih Siradj. (ANTARA/HO-Komnas Haji dan Umrah)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Nasional Haji dan Umrah (Komnas Haji) menilai  Garuda Indonesia tidak profesional dalam melayani jamaah haji Indonesia.
 
Hal tersebut diungkapkan Ketua Komnas Haji Mustolih Siradj melalui keterangan di Jakarta, Selasa, dalam merespons adanya 46 kloter jamaah haji Indonesia yang dialihkan rute penerbangannya, di mana seharusnya jamaah dipulangkan melalui Bandara Jeddah menjadi Bandara Madinah.
 
"Perubahan jadwal penerbangan yang mendadak sangat merepotkan, bukan saja bagi jamaah, tetapi juga petugas, dan berpotensi menambah beban biaya di luar skema," kata dia.
 
Siradj menilai perubahan penerbangan dipastikan menimbulkan efek domino dan sistemik, dan jamaah menjadi kelelahan karena harus kembali menempuh perjalanan panjang dari Makkah ke Madinah.
 
Sebagai perbandingan, kata dia, waktu tempuh Makkah ke Jeddah kurang lebih 1,5 jam. Sementara waktu tempuh Makkah ke Madinah bisa mencapai lebih dari 8 jam.
  
Selain itu, kata Siradj, perubahan itu memecah konsentrasi petugas.

Petugas PPIH Daker Bandara semestinya terkonsentrasi mengawal pemulangan jamaah haji gelombang I di Jeddah. Namun akibat perubahan rute, petugas harus membagi pelayanan di Madinah, yang bisa berdampak menurunnya layanan petugas sehingga pelayanan menjadi tidak optimal.
 
"Konsekuensi lanjutannya mengharuskan penyiapan layanan tambahan di Madinah di luar jadwal yang telah direncanakan yang mencakup akomodasi, konsumsi, dan transportasi sehingga menambah beban biaya baru," kata dia.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Komnas Haji nilai Garuda Indonesia tak profesional layani jamaah haji

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE