Sandiaga: Kepri jadi hub wisata olahraga golf di Indonesia

id Kepri,batam ,menparekraf,sandiaga,wisata olahraga,golf,sport tourism,golf tournament

Sandiaga: Kepri jadi hub wisata olahraga golf di Indonesia

Menparekraf RI Sandiaga Uno saat membuka kegiatan Wonderful Indonesia Golf Tournament di Batam, Kepri (29/6/2024) (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sebagai hub wisata olahraga golf di Indonesia.

Sandiaga di Batam, Sabtu mengatakan di Kepri terdapat 10 lapangan golf, 7 lapangan berlokasi di Kota Batam dan 3 lainnya di Kabupaten Bintan.

"Kegiatan Wonderful Indonesia Golf Tournament merupakan tindak lanjut di pertemuan kita awal tahun, menata Batam, Bintan, Kepri sebagai sport tourism hub khususnya untuk golf. Dan hari ini kita akan memberikan dan menyampaikan beberapa strategis mengenai review terkait kepariwisataan kita," ujar Sandiaga.

Ia menyampaikan Wonderful Indonesia Golf Tournament ikuti sebanyak 140 peserta, baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Menurut Sandiaga, Kepri merupakan provinsi yang memiliki lapangan golf terbanyak di Indonesia.

"Ini (lapangan golf) terbanyak di Indonesia, dan peserta yang ikut juga ada dari luar negeri, Singapura, Malaysia. Ini menunjukkan minat yang tinggi, bisa ditingkatkan lagi. Tiketnya juga terjual habis dalam waktu kurang dari sehari setelah peluncuran," ujar dia.

Sandiaga menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama yang baik antara pemerintah dengan Pondok Indah Golf dan Privy.

"Kita dapat menunjukkan ekosistem pariwisata berbasis olahraga, khususnya golf, berkembang pesat," kata Sandiaga.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno ingin Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mampu menyumbang 25 persen kunjungan wisman ke Indonesia tahun 2024 dari target sekitar 9,5 juta sampai 14,3 juta orang.

Sandiaga optimis angka 25 persen itu bisa dicapai oleh Kepri, mengingat grafik kunjungan wisman tahun 2023 mengalami peningkatan hingga mencapai 1,5 juta kunjungan dibanding tahun 2022 yang sebanyak 785 ribu kunjungan.

"Capaian itu menempatkan Kepri peringkat ketiga pintu masuk terbesar kunjungan wisman ke Indonesia, setelah Bali dan Jakarta," kata Sandiaga saat melakukan kunjungan kerja ke Pulau Bintan, Kepri, Senin (1/1).


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menparekraf: Kepri sebagai hub wisata olahraga golf di Indonesia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE