Pengamat Kemaritiman ingatkan ancaman keberadaan Kapal Supertangker MT Arman 114

id Kapal mt arman, mt arman 114, kplp, perairan batam, kota batam, kepulauan kepri, soelaman b ponto, watimpres,Pengamat Kemaritiman,kepri,batam,perairan

Pengamat Kemaritiman ingatkan ancaman keberadaan Kapal Supertangker MT Arman 114

Pengamat Kemaritiman Soelaiman B Ponto bersama kru Kapal Motor (KM) Rantos milik KPLP Kementerian Perhubungan mengecek keberadaan Kapal MT Arman 114 di Perairan Batam, Kepulauan Riau, Selasa (23/7/2024). ANTARA/Laily Rahmawaty

Batam (ANTARA) - Pengamat Kemaritiman Soedirman S Ponto mengingatkan kepada pemerintah terkait ancaman yang dapat ditimbulkan oleh Kapal Supertangker MT Arman 114 yang 1 tahun berlabuh di Perairan Batam, Kepulauan Riau, tanpa perawatan dan pengawasan yang tepat.

"Kapal ini seperti bom waktu apabila tidak diurus, belum lagi kru kapal yang di atas (kapal) sudah setahun seperti mereka dipenjara, padahal mereka bukan tersangka," kata Ponto di atas Kapal Motor (KM) Rantos, di Perairan Batam, Kepulauan Riau, Selasa.

Ponto bersama personel patroli Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) Kementerian Perhubungan melakukan pengecekan keberadaan Kapal MT Arman 114 yang dilaporkan bergeser dari posisi semula labuh jangkar.

Pergeseran ini diakibatkan salah satu jangkar kapal mengalami kerusakan, dan arus laut yang deras.

Saat ini, hanya satu jangkar yang berfungsi menahan badan kapal selama berlabuh di perairan. Sedangkan jangkar yang satunya lagi, sudah terlilit dan tidak bisa lagi digunakan.

Menurut Ponto, harusnya kapal tersebut tidak didiamkan begitu saja di atas laut, apalagi dengan kondisi terisi muatan bahan bakar minyak.

Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) itu menyebut selesainya persidangan Kapal MT Arman 114 yang berdasarkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Batam dirampai untuk negara, sudah harus diperhatikan kondisinya dan kondisi kru di atas kapalnya.

"Sekarang kapal ini jadi rampasan negara. Kru itu kan harus diturunkan, karena kapal ini di laut syaratnya 1/3 kru harus ada di kapal dan tidak boleh kosong. Maka kru harus di gilir bergantian turun dari kapal," tuturnya.

Baca juga: Bakamla RI bangun gedung sistem peringatan dini di Natuna Kepri

Ancaman lainnya yang dikhawatirkan adalah, jangkar kapal yang tersisa tidak mampu menahan badan kapal bila terjadi arus deras.

Jika kapal bergeser, maka jangkar-nya akan menggerus dasar perairan. Selain itu, di perairan Batam terdapat pipa gas dan kabel.

"Di area sini ada pipa gas ke Singapura, belum lagi kabel. Kalau itu (kapal) hanyut itu bisa garuk kabel, garuk pipa, ini jadi masalah besar," ujarnya.

Purnawirawan TNI AL berpangkat Laksamana Muda itu mengingatkan agar Kejaksaan RI segera menindaklanjuti putusan pengadilan.

Karena, kata Ponto, permasalahan MT Arman 114 hanya ada 2, yakni masalah kapal dan masalah kapten.

"Masalah kapten sudah selesai, sekarang kapal ini pasti ada pemiliknya. Nah ini jilid 2, untuk membuktikan siapa yang paling berhak atas kapal ini," kata Ponto yang juga Staf Ahli Bidang Intelijen Watimpres.

Kapal Supertangker Arman 114 berbendera Iran itu merupakan barang bukti rampasan dari perkara kasus pembuangan limbah dengan terdakwa nakhoda kapal Mohammed Abdelaziz Mohamed Hatiba.

Pengadilan Negeri (PN) Batam pada Rabu (11/7) menetapkan kapal MT Arman 114 beserta kargo dan muatan light crude oil kurang lebih 272.629,067 MT senilai Rp4,6 triliun dirampas untuk negara.

Baca juga: Nakhoda kapal MT Arman 114 masuk ke DPO Kejari Batam

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat Kemaritiman ingatkan ancaman keberadaan Kapal MT Arman 114

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE