Tanjungpinang Fest 2024 tarik 58.342 pengunjung

id Tanjungpinang fest 2024

Tanjungpinang Fest 2024 tarik 58.342 pengunjung

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti menutup Tanjungpinang Fest 2024, di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, Minggu (11/8/2024) malam. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau (Dispar Kepri) menyebutkan Tanjungpinang Fest 2024 mampu menarik 58.342 pengunjung atau melampaui target sebanyak 20 ribu pengunjung.

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti menyampaikan acara tahunan tersebut menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk menarik minat wisatawan sekaligus meningkatkan perekonomian daerah, khususnya pelaku UMKM.

“Selain memikat kunjungan wisatawan, acara seperti ini juga memberikan dampak positif bagi pelaku IKM dan UMKM, karena ikut meningkatkan pendapatan mereka,” kata Guntur, di Tanjungpinang, Senin.

Selain itu, Guntur turut mengapresiasi ajang itu mendorong terbentuknya Asosiasi Kopi Nusantara (AKN) yang diharapkan dapat menjadi simbol persatuan di tengah keberagaman Nusantara.

Ia menyatakan bahwa Pemprov Kepri akan terus mendukung pelaksanaan ajang tersebut, bahkan ditargetkan lebih besar dan meriah pada tahun-tahun berikutnya.

“Kami berterima kasih kepada Kemenparekraf RI yang telah mempercayakan acara ini masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024,” ujarnya.

Ketua Panitia Tanjungpinang Fest 2024 Isnaini Wibowo menyatakan acara yang digelar selama 4-11 Agustus itu, jauh melampaui target pengunjung, dari yang awalnya sekitar 20 ribu orang tapi hingga hari terakhir mencapai 58.342 pengunjung.

"Luar biasa, jumlah pengunjung lebih dari 100 persen target awal," katanya lagi.

Angka kunjungan tersebut, kata dia, juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan acara Tanjungpinang Fest tahun 2023 sebanyak 16 ribu pengunjung.

Data jumlah pengunjung itu diperoleh dari perhitungan manual oleh Tim Suryanation Gudang Garam melalui sejumlah pintu masuk acara.

Tanjungpinang Fest 2024 dipusatkan di Jalan Merdeka, Kota Tanjungpinang, diikuti ratusan stan IKM dan UMKM. Acara yang dibuka Menparekraf Sandiaga Uno itu dimeriahkan berbagai pertunjukan seni dan budaya hingga menghadirkan artis penyanyi nasional untuk menghibur masyarakat setempat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dispar Kepri: Tanjungpinang Fest 2024 mampu tarik 58.342 pengunjung

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE