Universitas Raja Ali Haji Resmi Berstatus Negeri

id universitas, maritim, raja, ali, haji, mendikbud, penegerian, gubernur, sani, rektor, amin, drpr, kepri, syafriadi

Universitas Raja Ali Haji Resmi Berstatus Negeri

Mendikbud Muhammad Nuh (kanan) menandatangani prasasti penegerian UMRAH. (kepri.antaranews.com/Henky Mohari)

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Universitas Maritim Raja Ali Haji menjadi universitas negeri yang peresmiannya dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Senin.

Peresmian penegerian itu ditandai Mendikbud dengan menandatangani prasasti dengan disaksikan Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo, Gubernur Kepri Muhammad Sani, Ketua DPRD Kepri Nur Syafriadi dan Penjabat Sementara Rektor Universitas Maritim Raja Haji (UMRAH) Maswardi M Amin.

UMRAH yang berada daerah perbatasan hendaknya menjadi pusat keunggulan sehingga mahasiswa dari negara-negara lain pun kelak belajar di universitas ini, kata Nuh dalam sambutannya.

Daerah perbatasan hendaknya menjadi beranda terdepan yang mampu berkembang menjadi pusat-pusat unggulan antara lain di bidang pendidikan tinggi, bukan daerah belakang, kata Nuh.

Sebelum meresmikan penegerian UMRAH, Mendikbud meresmikan universitas negeri di Merauke, Nabire, Bangka Belitung dan terakhir di Bengkalis.

"Pokoknya daerah perbatasan menjadi prioritas pendirian universitas negeri untuk menjadi daerah unggulan," ujarnya.

Saat ini, menurut dia, terdapat sebanyak 90 perguruan tinggi negeri dan 3.000 perguruan tinggi swasta di Indonesia.

"Paling tidak, sudah ada sepuluh universitas yang sudah dinegerikan pada 2011," ujarnya.

Menurut dia, juga tidak semua yang mengajukan menjadi universitas negeri dikabulkan, karena harus memerhatikan berbagai hal seperti jumlah penduduk atau ada tidaknya universitas negeri lain di daerah itu.

"Tidak serta merta yang mengajukan sebagai universitas negeri dikabulkan," ujarnya.

Nuh mengharapkan UMRAH yang sudah berstatus negeri mempersiapkan program mendatang untuk pembiayaannya dialokasikan dalam APBN serta untuk memproses perubahan status dosen atau pegawai yayasan menjadi pegawai negeri.

UMRAH mulai berdiri pada tahun 2006 dari gabungan berbagai perguruan tinggi di bawah Yayasan Pendidikan Kepri, pada 2008 mulai mengajukan untuk perubahan menjadi universitas negeri.

Pada akhir September 2011 resmi ditetapkan menjadi universitas negeri dan tercatat di Museum Rekor Indonesia sebagai universitas tercepat dalam proses penegeriaannya.

(pso-029/A013)   

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE