Cak Imin doakan PDI Perjuangan lancar mengusung Anies di Pilkada Jakarta

id Muktamar PKB,Partai Kebangkitan Bangsa,Anies Baswedan,PDI Perjuangan,Pilkada Jakarta,Cak Imin doakan PDIP lancar mengusu

Cak Imin doakan PDI Perjuangan lancar mengusung Anies di Pilkada Jakarta

Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat memberikan keterangan pers di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (24/8/2024). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mendoakan PDI Perjuangan lancar mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta 2024.

“Ya dengan keputusan Mahkamah Konstitusi ini berarti PDI Perjuangan bisa mengusung sendiri. Ya moga-moga lancar gitu,” kata pria yang akrab disapa Cak Imin di Bali, Sabtu.

Cak Imin menyampaikan pernyataan tersebut dengan merujuk Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 60/PUU-XXII/2024 mengenai ambang batas pencalonan kepala dan wakil kepala daerah. Selain itu, untuk merespons pertemuan Anies dengan Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jakarta pada Sabtu ini.

Baca juga: Ahmad Basarah sebut Anies dan PDI Perjuangan dipertemukan nasib yang sama

Sementara itu, dia mengatakan bahwa perubahan koalisi pascaputusan MK, termasuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus akan melihat perkembangan yang terjadi ke depannya.

“Ya semua pilkada punya hukum lokalitasnya, ya, semua sudah kompak dengan daerah masing-masing. Tentu bisa bareng, bisa beda-beda, tetapi tergantung perkembangan nanti,” jelasnya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta, terdapat 8.248.283 jiwa yang termasuk dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Jakarta.

Oleh karena itu, ambang batas minimal untuk Pilkada Jakarta adalah paling sedikit 7,5 persen suara Pemilu 2024. Sementara itu, PDIP meraih 14,01 persen suara pada Pemilu 2024, sehingga bisa mengusung bakal pasangan calon sendiri.

Baca juga: Anies sebut kunjungan ke PDIP Jakarta bahas pilkada

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan partainya dipertemukan oleh nasib yang sama.

“Diperlakukan untuk dieliminasi dari panggung politik, dikucilkan, dan lain sebagainya, sehingga kami sama-sama punya persamaan kehendak. Kehendak menjadi antitesis dari upaya politik untuk membuat satu keseragaman politik dalam satu sistem oligarki politik,” kata Basarah usai menghadiri Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu.

Pada kesempatan itu, dia juga mengatakan bahwa DPP PDIP akan melihat perkembangan usai Anies bertemu dengan Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jakarta pada Sabtu, sambil menunggu laporan hasil pertemuan tersebut.

Baca juga: Megawati Soekarnoputri: Ngapain saya disuruh dukung Pak Anies?

Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa partainya membuka peluang untuk mengusung Anies di Pilkada Jakarta 2024.

“Bisa saja pada kerja sama itu PDIP mengambil posisi calon wakil gubernur. Calon wakil gubernur yang dari PDIP, tetapi mari kita lihat nanti dinamikanya, bagaimana Anies punya pertimbangan terkait dengan hal itu, tetapi yang pasti Anies dan PDIP dipertemukan oleh satu persamaan nasib,” ujarnya.

Baca juga: Anies berpeluang diusung di Pilkada Jakarta bila menjadi kader PDI Perjuangan


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cak Imin doakan PDIP lancar mengusung Anies di Pilkada Jakarta

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE