Bawaslu pastikan transparansi tim medis RSBP Batam

id kepri,batam,bawaslu,ketua bawaslu,pilkada,tes kesehatan

Bawaslu pastikan transparansi tim medis RSBP Batam

Ketua Bawaslu Kota Batam Antonius Gaho di RSBP Batam, Sabtu (31/8/2024). ANTARA/Amandine Nadja

Batam (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Batam memastikan transparansi tim medis Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam untuk tes kesehatan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Untuk persiapan pengawasan, sebelumnya kami sudah melakukan koordinasi dan melihat jika semua komponen dari tim medis sesuai dengan prosedur," kata Ketua Bawaslu Kota Batam Antonius Gaho di Batam, Kamis.

Antonius menekankan bahwa pemeriksaan sejarah dari dokter dan tim medis penting untuk menjaga transparansi dalam tes kesehatan.

"Kami periksa untuk melihat jika ternyata ada dokter yang merupakan salah satu tim medis pasangan calon, atau anggota Tim Sukses (timses), atau memiliki sejarah dalam politik," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menerima data dari RSBP dan sudah melakukan pemeriksaan sebelum tes kesehatan berlangsung.

"Kami sudah dapat datanya dan sudah kami verifikasi," katanya.

Ketua Bawaslu Kota Batam mengatakan bahwa pihaknya mengawasi seluruh proses, mulai dari survei rumah sakit hingga pengecekan tim medis.

"Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam berkoordinasi dengan rumah sakit, tugas kami adalah mengawasi segala pihak agar terjaga transparansinya," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya menjamin agar transparansi pihak-pihak terkait dalam tes kesehatan terjaga.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE