Waspada potensi hujan sertai petir dan angin di wilayah Kepri, Jumat pagi

id Cuaca jumat, cuaca kepri, bmkg, stasiun bkmg, stasiun hang danim, hang danim batam

Waspada potensi hujan sertai petir dan angin di wilayah Kepri, Jumat pagi

Hujan mengguyur kawasan SMKN 4 Sekupang, Kota Batam, Rabu (4/9/2024) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam menginbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir dan angin di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) diperkirakan terjadi Jumat ini.
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Kabupaten Lingga dan Karimun," tulis Prakirawan Debora.
 
Dia menyebut, adanya belokan angin (shearline) serta labilitas atmosfer yang relatif kuat di wilayah Kepulauan Riau mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan.
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah Kepulauan Riau pada pagi hari," katanya.
 
Berdasarkan data cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Kota Batam diperkirakan pagi hingga siang terjadi hujan ringan, malam hingga dini hari berawan tebal.
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Tenggara dengan kecepatan 8-16 km/jam.
 
Selanjutnya, Kota Tanjungpinang juga diperkirakan terjadi hujan pada pagi hingga siang, dan malam harinya berawan tebal. Sementara itu, suhu udara yang menyelimuti berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan 8-17km/jam.
 
Tak jauh berbeda, di Kabupaten Bintan, juga diperkirakan hujan ringan dari pagi hingga siang. Dan malam hingga dini harinya berawan tebal. Suhu udara 24-32 derajat celcius, dan arah angin dari timur dengan kecepatan 5-16 km/jam.
 
Kondisi cuaca Kabupaten Karimun juga sama, pagi hingga siang hujan ringan, malam hingga dini harinya berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah tenggara dengan kecepatan 9-16 km/jam.
 
Kabupaten Lingga diperkirakan pagi harinya hujan ringan, siangnya berawan tebal hingga malam harinya. Suhu udara berkisar antara 25- 32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah timur dengan kecepatan 15-24 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Natuna dan Anambas pagi hingga dini hari diperkirakan berawan tebal.
 
pagi hari hingga siang cerah berawan, malam hari berawan. Suhu udaranya berkisar antara 25 dan 26 hingga 34 derajat celcius
 
Arah angin bertiup dari selatan dengan kecepatan 16-22 km/jam di Kabupaten Natuna dan 22-27 km/jam di Kabupaten Anambas.
 
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE